Logo Network
Network

Melihat Patung Nest Karya Jason deCaires Taylor di Dasar Laut Gili Meno

Ali Masduki
.
Senin, 28 Maret 2022 | 12:06 WIB

LOMBOK, iNews.id - Rombongan Jurnalis dan Tim Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya menikmati snorkeling dan menyaksikan keunikan patung menyerupai manusia di dasar laut Gili Meno,  Lombok Utara, NTB, Sabtu (26/3/2022).

Patung menyerupai manusia dengan ukuran yang sama dengan besarnya dan berada sekitar 13 kaki dari permukaan pantai tersebut merupakan karya Jason deCaires Taylor. Dia adalah pemahat terkenal yang karyanya sudah tersebar hingga Inggris, Karibia, Kepulauan Canary dan masih banyak lagi.

Keberadaan 48 patung yang ditata melingkar dan melambangkan lingkaran kehidupan ini menjadi jujugan wisatawan saat berwisata di pulau yang terletak di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Patung yang ini diberi nama 'Nest' oleh sang pemahat, dan sengaja diletakkan di dasar laut ini disebut untuk mengembangbiakkan terumbu karang. 

Meski sempat menuai kontroversi, pembuat patung menolak patung-patung itu diangkat. Dia berharap lapisan karang dan spons warna-warni segera menutupi patung tersebut sehingga bisa menjadi rumah bagi hewan-hewan laut untuk bertahan hidup. 

BACA JUGA:

Hutan Mangrove Gili Meno, Hutan bakau Bekas Produksi Garam Tradisional
 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News

Bagikan Artikel Ini