4 Faktor Penting Yang mempengaruhi Pendidikan di Chechnya :
1.Europeanization
Merupakan kebijakan yang arahnya pada konsep historis bagaimana Chechnya merupakan negara bagaian dari Rusia Adapun kebijakan Pendidikan yang diterapkan :
- Menghubungkan antara kebijakan ekonomi dengan Pendidikan
- Konsep Pendidikan Sepanjang Hayat
- Mengutamakan Pendidikan Vocasional Skill
- Keterlibatan akademisi dengan penelitian – peneitian internasional
- Keterlibatan dengan organisasi internasional dalam menentukan kebijakan Pendidikan
Sistem pendidikan kampus kualifikasinya sama dengan standar yang diterapkan oleh universitas-universitas di Eropa. Meski tidak dicanangkan untuk seluruh bidang studi (seperti program Spesialis untuk Kedokteran dan Teknik), sebagian besar universitas di Rusia menerapkan tingkat Bachelor selama 4 tahun dan Master selama 2 tahun.
Dalam sistem pendidikan di Chachnya, untuk tugas praktik akan lebih banyak dibandingkan dengan pemberian materi di dalam kelas. Dalam penilaianpun didasarkan pada tingkat pengetahuan hasil ujian dan juga melalui seluruh proses belajar, termasuk dalam penentuan kelulusan di universitas, ditentukan dari skripsi dan nilai seluruhnya.
2. Globalization
Kebijakan Pendidikan yang di bingkai oleh konsep Globalisasi dengan kata lain Pendidikan yang mengacu pada perkembangan pengetahuan, teknologi, yang mampu menyerdahanakan pekerjaan menjadi fleksibel. Globalisasi di Chachnya tidak hanya sekedar perubahan ekonomi tetapi juga disertai dengan penguatan negara terhadap kendali politik dan kemampuan security, hal ini bertentangan dengan konsep globalisasi yang membawa peran negara yang melemah.
Globalisasi memiliki konsekuensi positif dan negatif, dengan perkembangan yang seimbang diseluruh di wilayah Chachnya. Proses globalisasi juga mengalami bentuk penyimpangan dan juga berkembang secara signifikan di Chachnya, yaitu perdagangan prostitusi, narkotika, kejahatan yang terorganisir, dan terorisme. Globalisasi juga telah membawa berbagai bentuk kemiskinan baru dan perbedaan tatanan ekonomi dan sosial di masyarakat.
Tantangan globalisasi merupakan isu yang sangat kompleks yang dimana telah menimbulkan pro dan kontra serta reaksi terhadap proses globalisasi dari berbagai macam sudut pandang. sebagian masyarakat Chachnya menganggap bahwa globalisasi merupakan hal yang buruk, sehingga harus diproteksi agar nilai-nilai baru yang dibawa oleh arus globalisasi tidak mengikis nilai-nilai dan tradisi yang telah ditanamkan secara turun temurun. Hal tersebut memunculkan semangat nasionalisme etnis. Ketidakbergantungan Chachnya terhadap hegemoni barat dan melakukan proteksi terhadap masyarakat dari arus globalisasi, dilakukan oleh Pemerintah Chachnya dengan me-reformulasi kepentingan mereka.
3. National Qualification Framework (NQF)
Kurikulum yang di pakai oleh negara Chechnya adalah NQF kalau di Indonesia di sebut KKNI dimana kurikulum tersebut di dasarkan bahwa Chechnya merupakan negara perserikatan Eropa tentunya secara nasional negara Chechnya mengikuti nasionalisasi sehingga mempunyai standar mutu yang sama dengan serikat Uni Eropa.
Pendidikan di Chachnya disediakan oleh Negara dan diatur sepenuhnya oleh departemen pendidikan Federal. Tingkatan pendidikan pun memiliki kesamaan dengan negara-negara lainnya mulai dari tingkat dasar pra sekolah hingga tingkat tinggi.
Editor : Arif Ardliyanto
Artikel Terkait