Keren! Kota Mojokerto Punya Pasar Khas Majapahit, Arsitekturnya Mirip Kerajaan

Arif Ardliyanto
Kota Mojokerto menjadikan Pasar Benteng Pancasila mirip dengan pasar Kerajaan Majapahit yang pernah jaya dimasanya.

Untuk membuat Pasar Benteng semakin ramai, Pemkot Mojokerto juga melakukan event-event, salah satunya car free day di Jalan Benteng Pancasila setiap Hari Minggu. Selain itu juga digital marketing serta penerapan sistem jual beli maupun transaksi dengan platform digital.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan Pasar Benteng Pancasila bertujuan untuk meningkatkan fungsi pasar sebagai sarana perdagangan rakyat. Sehingga menjadi bangunan yang aman, nyaman, bersih, tertata, dan lebih estetis atau tidak tampak kumuh.

"Infrastruktur pasar yang berkualitas dapat dirasakan langsung manfaatnya, terutama menjamin distribusi bahan pokok dan turut menggerakan sektor riil atau UMKM yang merata hingga pelosok desa di seluruh Indonesia,” katanya dikutip dari laman Kementerian PUPR, Selasa, (21/06/2022).


Kota Mojokerto menjadikan Pasar Benteng Pancasila mirip dengan pasar Kerajaan Majapahit yang pernah jaya dimasanya.

Pembangunan Pasar Benteng Pancasila dikerjakan kontraktor PT Karya Bumi Indah dengan anggaran APBN sekitar Rp 13 miliar. Untuk pekerjaan persiapan, K3, bangunan pasar kios A, B, C, dan D, gapura dan pagar, drainase, paving tempat parkir. Tempat pengelolaan sampah, toilet, renovasi mushola, instalasi jaringan pemadam kebakaran, rumah pompa, reservoir, dan 2 titik sumur bor.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network