UTHM Raih Ranking Universitas Terbaik Se-Asia 2022

Ali Masduki
Peran mahasiswa dan dosen menjadi support penuh bagi peningkatan kualitas perguruan tinggi terutama UTHM. Foto/Istimewa.

Tidak berhenti pada pencapaian Rated as a Five-Star Institution, UTHM juga sedang menduduki posisi ke-247 diantara 1001 – 1200 pada QS Asia University Rankings 2022.

Wakil Dekan Pembangunan Siswazah UTHM, Dr. Mohd. Hisyam Bin Abdul Rahim, menjabarkan beberapa faktor lain yang mendukung UTHM mendapatkan rating dan ranking. 

“Selain dukungan dari mahasiswa dan dosen, terdapat faktor – faktor lain sebagai pendukung mencapaian UTHM diantaranya yaitu komitmen staff, proses pembelajaran, dan kesiapsiagaan fasilitis, serta penggunaan teknologi terkini, seperti online class. Semua faktor ini membantu penyetaraan UTHM menjadi lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya

Menjadi perguruan tinggi penyedia pendidikan teknik, UTHM menaungi mahasiswa lebih dari 22 negara berbeda. Diantaranya terdapat 4 peringkat kelompok negara terbesar yakni, Uni Emirat Arab (UIA), Indonesia, Pakistan, dan Yaman.

Selain itu Dosen Pengajian Islam Dr. Siti Marfuah turut menyampaikan peran dosen dalam pencapaian ranking yang diperolah UTHM pada World University Rankings 2022. 

"Tentunya dosen memiliki peranan yang sangat penting, karena biasanya ranking ini dilatarbelakangi dari sejauh mana kemampuan dan kualitas dosen," ucapnya.

Dosen UTHM asal Ponorogo ini melanjutkan, bahwa syarat setiap dosen di UTHM yaitu menerbitkan Jurnal Terindeks Scopus. Sehingga seluruh dosen disini sudah memiliki id Scopus untuk penerbitan jurnal. 

"Kita juga membina 1 sistem pembelajaran, pada saat pandemi kemarin dengan pembelajaran secara online. Jadi seluruh akses pembelajaran menggunakan 1 pintu author,” ungkapnya.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network