Prof Azra Orang Indonesia Pertama yang Dapat Gelar Sir dari Ratu Elizabeth

Ali Masduki
Prof Azyumardi Azra, Dr Todung Mulya Lubis, Dr Rizal Ramli dan Prof Din Syamsuddin berpose bareng di Boston, USA semasa mereka masih mahasiswa pasca sarjana di AS. Foto/Dok Pribadi RR

SURABAYA, iNews.id - Dunia masih berduka dengan wafatnya Ratu Inggris, Elizabeth. Kini publik kembali berduka dengan wafatnya Prof Azyumardi Azra. Kedua tokoh ini ternyata punya benang merah sejarah. 

Tokoh nasional, Rizal Ramli atau RR mengungkapkan Azyumardi Azra adalah orang Indonesia pertama yang mendapat gelar "Sir" dari Ratu Elizabeth

Gelar itu merupakan sebuah kehormatan karena hanya dimiliki oleh bangsawan Inggris, atau orang luar Inggris yang mempunyai jasa luar biasa.

"Innallillahi wa inna ilaihi rajiun, Prof Azra wafat tak lama setelah Ratu Elizabeth. Prof Azra dapat hadiah gelar “Sir” dari Ratu Elizabeth. Itu bukan gelar sembarangan, apalagi diberikan untuk warga negara di luar Inggris. Itu bentuk pengakuan kerajaan Inggris terhadap kontribusi keilmuan Prof Azra," kata Rizal Ramli dalam keterangannya, Ahad (18/09/2022).

Penasehat Forkom Jurnalis Nahdliyin ini mengatakan, Azyumardi Azra yang adalah Ketua Dewan Pers sudah bersahabat lama dengan dirinya. Rizal mengenang almarhum sebagai sosok yang sangat sederhana dan intelektual pro demokrasi.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network