Kisah Bang Yok, Teknisi Komputer Yang Kini Bisnisnya Menggurita

Ali Masduki
Prasetyo Hadi Susanto atau Bang Yok. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNews.id - Bang Yok, begitu dia akrab disapa oleh para kolega dan karyawannya. Di usianya yang ke 38 tahun, ia sudah cukup sukses membangun gurita bisnis. Berbagai sektor usaha dia jalani mulai usaha dibidang komputer, bengkel mobil, food & beverage, hingga sektor komoditi.

Kesuksesan yang saat ini diraih tentunya bukan bim salabim. Pemilik nama asli Prasetyo Hadi Susanto ini sudah menempuh perjalan panjang dan pasang surut angka-angka yang dia putar. 

Jika melihat kilas balik perjuangannya, Bang Yok memang berbeda dengan pemuda sebayanya. Sejak duduk di bangku kuliah, Prasetyo sudah berusaha mewujudkan impiannya, yakni melakukan perubahan hidup untuk masa depannya. 

Disaat yang lain asik hedon dikala waktu luwang, Yoyok mengisi waktunya dengan memperdalam keilmuannya. Ia kerap silaturahmi kepada senior-seniornya untuk menimba ilmu.

 

Panggilan Bang Yok sendiri menjadi beken lantaran dirinya sering bolak-balik ke ibu kota. Saat kuliah, Prasetyo Hadi Susanto punya dua sapaan, yaitu Yoyok atau Pras.

Ibarat pepatah 'Masa depan adalah cerminan tentang kehidupan kita saat ini' mungkin sangat relevan disematkan untuk Bang Yok. 

Meski tidak banyak bicara, pria asal Banyuwangi ini sudah terkenal, khususnya dikalangan aktivis kampus. Dia dikenal bukan hanya karena perangainya yang santun, akan tetapi sejak menempuh study di Fakultas Teknik Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Parsetyo sudah jago otak-atik komputer yang kalau itu masih langka. 

Tidak sedikit teman di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) kerap meminta tolong kepada Pras untuk memperbaiki komputernya yang rusak. Ringan tangan tanpa pamrih itu ternyata membuat keahliannya dikenal banyak orang, meskipun orang tersebut sangat jarang berkomunikasi dengan Bang Yok.

Hal itu diakui oleh Affandi. Meski tidak seberapa akrab, mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi angkatan 2022 Unitomo ini mengakui bahwa Yoyok atau Pras mudah bergaul dan memiliki wawasan luas.

"Pras itu orangnya humble, mudah begaul, wawasannya luas dan yang pasti pekerja keras," ucapnya. Affandi sendiri saat ini juga menjadi salah satu pelanggan tetap di toko komputer milik Bang Yok.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network