SMK Dr Soetomo Surabaya Aplikasikan SIDEK-Edu, Ini Kelebihannya

Saipul Yudi
Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) dengan SMK Dr Soetomo Surabaya. Foto: iNewsSurabaya.id/Saipul Yudi

SURABAYA, iNews.id - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dr Soetomo Surabaya mulai menerapkan Aplikasi Sistem Informasi Debit Kredit Untuk Edukasi (SIDEK-Edu) dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Hal itu guna mempermudah proses pembelajaran akuntasi.

Kepala SMK Dr Soetomo Surabaya Juliantono Hadi mengatakan, dengan adanya aplikasi SIDEK-Edu maka proses pembelajaran akuntasi sangat mudah dan cepat. 

"Program ini sangat bermanfaat bagi SMK Dr Soetomo," katanya usai penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) dengan SMK Dr Soetomo Surabaya.

Menurut Juliantono, jika dibandingkan jurusan teknik, yang mana siswa diharuskan menciptakan produk, maka saat ini siswa jurusan akuntasi bisa membuat pembukuan akutansi debit kreditnya lebih mudah.

Pria yang akrab di sapa Cak Joel ini menjelaskan, aplikasi ini juga sangat mudah diimplementasikan kepada siswa karena aplikasi ini menggunakan bahasa Indonesia, sehingga siswa bisa mengerti sistem alur kerjanya. 

Alur pengoperasian fitur SIDEK-Edu pun, kata dia, menggambarkan hubungan antara input-an data keuangan, cara pengolahan dan pemrosesannya, serta output secara jelas yang dijadikan dasar untuk membangun logika aplikasi otomatisasi akuntansi.

Dengan media pembelajaran seperti SIDEK-Edu, diharapkan nantinya peserta didik memiliki kemampuan analitis yang lebih tajam, dan pada akhirnya dapat mendesain sistem informasi akuntansi digital atau aplikasi akuntansi menurut versinya sendiri. 

"Dengan kerjasama ini diharapkan bisa menjadi upaya peningkatan pembelajaran Akuntansi di SMK dr.Soetomo dan bermanfaat menjalankan program Merdeka Belajar Pusat Unggulan,” ujar Cak Joel. 

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network