Gigi Susu Punya Peran Penting Bagi Tumbuh Kembang Anak

Ali
drg Ambar Puspitasari SpKGA dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya Malang. Foto/Istimewa

Gigi susu merupakan penuntun bagi erupsi atau tumbuhnya gigi dewasa/tetap penggantinya. Benih gigi dewasa/tetap yang berada tepat dibawah gigi susu bergerak menembus gusi dengan mengikis atau meresorpsi akar gigi susu.

Sehingga gigi susu akan goyang dan tanggal untuk selanjutkan digantikan gigi dewasa / tetap.

Hal lain, gigi susu memacu pertumbuhan tulang rahang. Gigi – geligi susu yang difungsikan dalam proses pengunyahan, dengan dibantu gerakan otot-otot rahang, akan memacu dan merangsang pertumbuhan rahang terus bertambah lebar.

Gigi susu dalam rongga mulut memberikan support untuk pipi dan bibir dapat menjaga bentuk wajah dalam keadaan normal sehingga penampilan wajah tampak baik.

"Orang tua memiliki kewajiban untuk selalu menjaga kesehatan gigi anak mengingat peran penting gigi susu terhadap tumbuh kembang anak. Gigi susu yang sehat berguna dan berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan mental anak," jelas Ambar.

Menurut dia, orang tua perlu mengajarkan anak menyikat gigi sedini mungkin, membiasakan menyikat gigi dua kali sehari yaitu setelah sarapan pagi dan malam sebelum tidur, dan membuat kegiatan menyikat gigi menjadi rutinitas yang menyenangkan bagi anak.

"Makanan manis yang selalu dikonsumsi anak yang gemar ngemil perlu diatur dan dibatasi. Memperbanyak asupan buah dan sayur lebih baik daripada makanan yang banyak mengandung gula. Kontrol rutin setiap 3-6 bulan sekali ke dokter gigi juga penting agar kerusakan gigi dapat diatasi sedini mungkin untuk menghindari komplikasi dan perawatan yang lebih kompleks," pungkas Ambar.

Editor : Ali Masduki

Sebelumnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network