Gigi Susu Punya Peran Penting Bagi Tumbuh Kembang Anak

Ali
drg Ambar Puspitasari SpKGA dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya Malang. Foto/Istimewa

Ambar menjelaskan, gigi susu memiliki peran penting bagi tumbuh kembang anak. Beberapa hal yang harus diketahui oleh orang tua tentang fungsi penting gigi susu antara lain membantu fungsi pengunyahan, makanan dapat dilumatkan dan dihaluskan. Sehingga menjadi mudah ditelan dan dicerna oleh organ pencernaan.

Kemudian juga membantu fungsi bicara yang tepat. Kehilangan gigi depan mempengaruhi estetika dan psikologi anak, membuat anak menjadi minder dan tidak percaya diri.

"Selain itu gigi berperan serta dalam pembentukan dan pengucapan kata. Gigi depan yang hilang dapat mengakibatkan kesulitan pengucapan huruf v, f, th, z dan s," kata Ambar.

Dia melanjutkan, gigi susu juga menyediakan tempat bagi gigi – gigi dewasa/tetap penggantinya.

Gigi susu yang sehat dapat menjaga space atau ruang sehingga benih gigi yang tepat berada di bawah gigi susu dapat tumbuh dengan posisi yang benar karena menempati ruang yang cukup.

"Apabila gigi susu tanggal sebelum waktunya, ruang akan menyempit sehingga gigi dewasa / tetap penggantinya akan tumbuh tidak beraturan atau bahkan tidak dapat tumbuh," tegasnya.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network