Mantan PM Selandia Baru Apresiasi Indonesia Dalam Penanganan Climate Change

Arif Ardliyanto
Pemerintah Indonesia mendapatkan apresiasi atas acara forum deposit insurance yang diinisiasi Lembaga Penjamin  Simpanan (LPS) di Bali. Foto iNewsSurabaya/ist

BALI, iNews.id - Pemerintah Indonesia mendapatkan apresiasi atas acara forum deposit insurance yang diinisiasi Lembaga Penjamin  Simpanan (LPS) di Bali. Acara yang dikemas Forum  IDIC International Seminar 2022 langsung membuat Mantan Perdana Menteri Selandia Baru, Helen Clark sangat senang.

“Ini hal yang sangat fantastis bahwa Indonesia melalui LPS dapat menggunakan kesempatan Presidensi G20 ini untuk mengadakan dialog yang sangat penting, terutama mengenai isu climate change ini yang erat berkaitan dengan sektor keuangan dan perbankan. Sebab perubahan iklim pasti akan sangat berpengaruh kedua aspek tersebut,” ujarnya di Bali, Rabu (9/11/2022).

Dia menjelaskan mengenai adanya beberapa tantangan dalam penanganan perubahan iklim, salah satu penyebabnya adalah masih adanya pemangku kebijakan yang belum mempercayai sepenuhnya berbagai hasil kajian dan penelitian yang menyatakan dampak dari perubahan iklim.

“Dan situasi seperti ini semakin sulit dengan perkembangan media sosial, dimana beragam informasi yang belum jelas sangat mudah tersebar. Maka dari itu, disinilah peran penting lembaga penjaminan simpanan untuk bisa berkontribusi di negaranya masing-masing. Keterlibatan lembaga penjaminan simpanan dapat diawali dengan mengadopsi standar pedoman yang diakui secara global. Dan, standar tersebut lalu dapat diimplementasikan di berbagai negara dan disesuaikan dengan masing-masing negara,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, mengenai peran industri keuangan termasuk otoritas keuangan dalam mendukung green economy atau ekonomi hijau. “Segenap elemen pemerintah dan otoritas keuangan tentu bersama-sama ingin mendukung green economy. LPS sebagai salah satu otoritas keuangan di Indonesia juga terus mendorong upaya pemerintah dalam melakukan transisi menuju green economy tersebut. Salah satunya, penyelenggaraan event IDIC International Seminar ini,” jelasnya

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network