Kisah Pasukan Brimob Polri, Hilang Setelah Eksekusi Pemberontakan di Aceh, Kini Kembali

Fahmi Firdaus
Brimob Polri telah berusia 77 tahun, banyak prestasi maupun kisah menarik dalam perjalan pasukan elit milik Polri ini. Kisah ini membuat Brimob semakin semangat. Foto Okezone

Pada beberapa kali penyergapan komandan pemberontak DI/TII, termasuk Haji Maun, pasukan Pelopor Brimob selalu membawa pistol dan granat. Anggota juga mengeluarkan tembakan pistol, namun akhirnya Haji Maun dilumpuhkan dengan tusukan pisau komando. Setelah eksekusi Haji Maun terjadilah badai halilintar dan hujan deras.

Saat pagi hari, Ngatmanu hilang tanpa diketahui rimbanya. Teman-teman satu timnya menduga prajurit Pelopor itu menghilang mengalami disorientasi psikologis pasca mengeksekusi Haji Maun. Setelah ditemukan di Kebun Raya Bogor (KRB), Ngatmanu kemudian dilucuti dan dirawat di Rumah Sakit Polri. Setelah berdinas di Pelopor, Ngatmanu pensiun dengan pangkat Inspektur Satu (Iptu) di sebuah polres di Jawa Timur.

Syarat utama proses penangkapan dan melumpuhkan pemberontak DI/TII dalam Gerakan Operasi Militer (GOM) VI adalah tidak menggunakan senjata api. Padahal, pasukan Pelopor dikenal sebagai penembak jitu. Oleh karena itu, tidak ada pilihan selain memakai pisau komando.

Ini berarti anggota Brimob harus menggunakan keterampilan bertarung jarak dekat. Sesuatu yang jarang dilakukan apalagi musuh dalam kondisi membawa senjata dan bahan peledak.

Editor : Arif Ardliyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network