Raja Ampat Pecahkan Rekor Dunia Festival Suling Tambur Grup Terbanyak

Hery
Salah satu peserta Suling Tambur ketika menunjukkan skillnya bermain suling saat berjalan memasuki pantai WTC Foto: iNewsSurabaya.id/Hery

Kemajuan Busana Daerah dan Regenerasi Suling Tambur.

Selain memecahkan rekor dunia dengan grup Sultam terbanyak, pada pesta budaya Festival Suling Tambur Kelima ini panitia mencatat kemajuan yang signifikan dengan adanya pelaksanaan festival suling tambur.

Selain itu, jumlah grup yang mencapai 25 peserta, festival suling tambur membawa dampak kemajuan berbusana daerah pada setiap peserta suling tambur, busana terbuat dari kulit kayu, daun sagu, kulit gamutu, kain dada, aksesoris kekayaan alam flora dan fauna, serta kreasi gambar dan ukiran.

Tak hanya busana dan aksesories, keikutsertaan anak-anak pelajar dari mulai tingkat SD, SMP, SMK dan SMA memberikan makna tersendiri bagi kelangsungan seni budaya Suling Tambur di Raja Ampat dari kekuatiran akan adanya ancaman nilai-nilai luar melalui informasi dan teknolgi  terhadap eksistensi Suling Tambur Raja Ampat.

Para pelajar yang mengikuti festival suling tambur kelima Tahun ini adalah SD YPK Meosbekwan Distrik Kepulauan Ayau, SD YPK Saporkren Distrik Waigeo Selatan, SMP Negeri 24 Abidon Distrik Kepulauan Ayau, SMA Negeri 1 Raja Ampat, dan SMK YPK Bukit Zaitun Raja Ampat Distrik Kota Waisai.

Panitia juga mencatat terjadi perkembangan grup suling tambur pada tiap distrik dimana Distrik Waisai kota mengirim tujuh grup dari Kelurahan Warmasen, Kelurahan Sapordanco, Kelurahan Bonkawir, SMA Negeri 1 dan SMK YPK Bukit Zaitun Raja Ampat.

Informasi terakhir yang dihimpun media ini bahwa, Festival suling tambur ke-enam pada tahun 2023 mendatang rencananya akan kembali dilaksanakan Pemerintah Daerah (Pemda) kabupaten Raja Ampat dengan memilih Kampung Urbinasopen, Ibu Kota Distrik Waigeo Timur, Raja Ampat sebagai tuan rumah perhelatan Festival tahunan tersebut.

Editor : Ali Masduki

Sebelumnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network