Desain Infrastruktur Jalan Wisata Kampung Kelengkeng Simoketawang Usai, Ini Hal Menariknya

Arif Ardliyanto
Dosen Univesitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Dr. Ir. Ibrahim Tohar, M.T.  dari Program Studi Arsitektur dibantu 5 mahasiswa MBKM menyelesaikan desain jalan untuk wisata kelengkeng. Foto iNewsSurabaya/ist

Dari hasil observasi lapangan, tercatat lebar Jalan, 3 Meter. Dari potensi yang ada memungkinkan untuk dilebarkan menjadi 4,5 Meter dengan trotoar 90 CM sebelah Barat Jalan dan dan 50 CM sebelah Timur. Sungai di sebelah Barat tetap dipertahankan sebagai sarana irigasi sekunder dan sebagai penunjang vista ke arah sunset. 

Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah melakukan pendampingan perencanaan pelebaran jalan desa wisata kampung kelengkeng Simoketawang Kecamatan Wonoayu Sidoarjo. Bersama mahasiswa, kami mendampingi aparat desa dan masyarakat  merencanakan pengembangan jalan desa yang berkarakter wisata kampung  kelengkeng

“Adapun jumlahnya 10 aparat desa, dan 30 karang taruna dalam pengelolaan prasarana yang berupa jalan dan sungai yang dibantu oleh masyarakat setempat,” paparnya.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 6 bulan sejak juli hingga desember 2022 dengan 4 bulan efektif pelaksanaan (Agustus hingga Nopember). Bulan Juli 2022 merupakan tahap persiapan dan Desember 2022 merupakan tahap evaluasi.

Kegiatan yang dilaksanakan antara bulan Agustus hingga November antara lain survey lapangan pada bulan agustus dan konfirmasi desain awal pada bulan September dan sosialisasi hasil rancangan pada tanggal 12 November 2022.

 

Editor : Arif Ardliyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network