Awas! Jangan Minum Obat Batuk Ini, Bisa Meninggal Dunia

Arif Ardliyanto
Obat batuk produk India menelan korban, pemuda berusia 18 tahun meninggal setelah minum obat tersebut. Foto Okezone

Pernyataan itu tidak merinci periode waktu kematian itu terjadi. Pemantauan BBC telah melaporkan pada 23 Desember lalu, mengutip situs berita Gazeta.uz, bahwa pihak berwenang Uzbekistan sedang menyelidiki klaim bahwa 15 anak meninggal di wilayah Samarkand tengah selama dua bulan terakhir setelah meminum sirup obat batuk buatan India.

Pada 26 Desember lalu, situs berita Podrobno.uz melaporkan bahwa 21 anak - 15 di antaranya berusia di bawah tiga tahun - dirawat karena gagal ginjal akut diduga disebabkan oleh sirup obat batuk Dok-1 Max buatan India antara September dan Desember. Tiga pasien sembuh.

Kementerian juga mengatakan bahwa studi laboratorium pendahuluan telah menunjukkan bahwa seri sirup Dok-1 Max ini mengandung etilen glikol.

Tuduhan dari Uzbekistan muncul beberapa minggu setelah Gambia juga mengaitkan kematian anak dengan sirup obat batuk yang dibuat oleh perusahaan India lainnya.

Merespons hal ini, Kementerian Kesehatan India mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa para pejabatnya telah "berhubungan secara teratur dengan regulator obat nasional Uzbekistan mengenai masalah ini" sejak 27 Desember.

Kementerian menegaskan jika pejabat kesehatan telah melakukan pemeriksaan terhadap fasilitas Marion Biotech di Noida di negara bagian Uttar Pradesh.

"Sampel sirup obat batuk telah diambil dari tempat pembuatan dan dikirim ke Laboratorium Pengujian Narkoba Regional, Chandigarh untuk diuji," tambah pernyataan itu.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network