Koleksi Piala AFF Terbanyak, Timnas Thailand Masih Terbaik di ASEAN, Ini Cara Hajar Vietnam

Ambar Supriyanto
Thailand menjadi tim dengan mengoleksi Piala AFF terbanyak di ASEAN. Mereka membuat Vietnam tersiksa dipertandingan terakhir. Foto Okezone

THAILAND, iNewsSurabaya.id - Thailand berhasil mempertahankan gelar juara Piala AFF usai di Final leg kedua berhasil membekuk perlawanan Vietnam dengan skor 1-0. Thailand keluar sebagai juara Piala AFF 2022 dengan agregat skor 3-2 karena di Leg pertama berhasil menahan imbang Vietnam dengan skor 2-2.

Bermain di Thammasat Stadium, Thailand, Senin malam (16-1-2022) Tim Gajah Perang julukan Thailand berhasil menaklukkan perlawanan Vietnam dengan skor 1-0. Gol tunggal kemenangan Thailand di cetak oleh Theerathon Bunmathan di menit ke-24.

Ini merupakan gelar juara ketujuh Thailand selama pergelaran Piala AFF dan sekaligus menobatkan Thailand sebagai raja sepakbola Asia Tenggara, Singapura dengan 4 gelar serta Vietnam 2 kali merebut Piala AFF. Indonesia sendiri belum mampu meraih gelar Piala AFF, prestasi terbaik Indonesia adalah menjadi 6 kali Runner up Piala AFF.

Kedua negara langsung bermain terbuka sejak wasit asal Jepang, Jumpei Iida meniup tanda pertandingan dimulai. Menit ke-4 Thailand hampir mencetak gol melalui tendangan A. Kraisorn memanfaatkan kesalahan pemain belakang Vietnam, beruntung tendangan  Adisak Kraisorn masih melebar di sisi kiri gawang Vietnam, yang di kawal D. Van Lam.

Menit ke-7 Vietnam mencoba meneror lini pertahanan Thailand melalui tendangan H. Nguyen, namun tendangannya melambung di atas mistar gawang Thailand, yang di kawal Kittapong Phatomakkakul. Memasuki pertengahan babak pertama tensi pertandingan semakin meningkat, di mana pemain kedua negara terlibat duel-duel keras.

Menit ke-24 Thailand berhasil mencetak gol melalui tendangan keras sang kapten tim, Theerathon Bunmathan meneruskan umpan Adisak Kraisorn, skor 1-0 untuk keunggulan Thailand atas Vietnam dan merubah agregat menjadi 3-2 untuk keunggulan Thailand. Tiga menit berselang Vietnam hampir menyamakan kedudukan melalui Nguyen Tien Linh,   namun tendangannya melebar di sisi kanan gawang Thailand.

Di sisa waktu yang ada kedua negara terlibat jual beli serangan, namun hingga akhir babak pertama skor 1-0 untuk kemenangan.

Babak kedua, Vietnam langsung bermain agresif menekan pertahanan Thailand untuk mencuri gol cepat di menit-menit awal babak kedua. Menit ke-57 sebuah tendangan spekulasi jarak jauh dilakukan H. Nguyen, namun tendangannya tidak menemui sasaran. 

Menit ke-69 Vietnam kembali mencoba mengancam gawang Thailand melalui Nguyen Tien Linh, namun tendangan top skor Piala AFF tersebut masih lemah dan mudah di selamatkan penjaga gawang Thailand. 

Vietnam terus mengurung lini pertahanan Thailand untuk mencari Goo penyama, namun lini belakang Thailand bermain disiplin dan rapi menahan gempuran pemain Vietnam. Jelang laga berakhir Thailand harus bermain dengan 10 pemain, P. Chamratsamee harus menerima kartu kuning kedua atau kartu merah oleh wasit Jumpei Iida.

Meski bermain dengan 10 pemain Thailand berhasil mempertahankan keunggulan hingga akhir pertandingan. Skor 1-0 untuk kemenangan Thailand atas Vietnam tetap bertahan.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network