Perhitungan Timnas Indonesia U-20 Lolos Piala Asia, Ini Prediksi dan Peluangnya

Arif Ardliyanto
Timnas Indonesia U-20 bisa lolos Piala Asia dengan kemenangan. Foto Okezone

Saat ini, Timnas Indonesia U-20 bertengger di peringkat ke-3 Grup A Piala Asia U-20 2023 dengan koleksi 3 poin dari 2 laga, selisih gol -1. Sementara itu, Uzbekistan U-20 yang berhasil mengalahkan Irak U-20 (1-0) memimpin klasemen sementara dengan perolehan 6 poin dan selisih gol +3, sementara Irak U-20 di posisi kedua dengan 6 poin serta selisih gol +1, dan Suriah U-20 di dasar klasemen dengan nol poin selisih gol -3.

Yang jadi pertanyaan, bagaimana cara agar Timnas Indonesia U-20 lolos ke perempatfinal Piala Asia U-20 2023? Perlu diketahui, jika ada dua tim atau lebih yang mempunyai poin sama maka head-to-head tetap jadi indikator utama untuk menentukan posisi setiap tim di klasemen teratas pada Piala Asia U-20 2023.

Pertama, Timnas Indonesia U-20 hanya butuh imbang lawan Uzbekistan U-20 di laga pamungkas Grup A yang akan digelar di Istiqlol Stadium, Fergana, Selasa (7/3/2023) pukul 21.00 WIB. Hasil itu cukup membuat Garuda Nusantara lolos ke perempatfinal Piala Asia U-20 2023 sebagai runner-up Grup A dengan syarat di laga lain Suriah U-20 menang atas Irak U-20.

Cara kedua, Timnas Indonesia U-20 harus menang atas Uzbekistan U-20. Jika Garuda Nusantara bisa mengalahkan Uzbekistan U-20, maka kans mereka untuk lolos ke babak selanjutnya sangat terbuka sebagai juara grup dengan syarat di laga lain Irak U-20 ditahan imbang atau kalah dari Suriah U-20.

Lalu, bagaimana jika Timnas Indonesia U-20 menang atas Uzbekistan dan Irak menang lawan Suriah? Jika hal itu terjadi, berhubung poin ketiga tim di atas sama-sama 6 poin, maka akan dibuat klasemen mini untuk mencari dua tim teratas. Klasemen mini ini dihitung dari head-to-heed antara ketiga tim di atas.

Sayangnya, Timnas Indonesia U-20 dipastikan kalah head-to-head dari Irak U-20 lantaran di laga pertamanya takluk 0-2. Sebab itu, Irak U-20 diharapkan kalah di laga pamungkasnya dari Suriah U-20. Jika itu terjadi, paling tidak Garuda Nusantara bisa lolos dengan menjadi runner-up grup.

Editor : Arif Ardliyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network