Biar Mobil Tidak Mogok Saat Mudik, Teknisi Bengkel NewFast Sarankan Hal Ini !

Ali
Teknisi melakukan pengecekan kondisi mesin mobil di Bengkel NewFast Surabaya. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Mobil pribadi bisanya menjadi salah satu moda transportasi favorit untuk mudik. Disisi lain, perjalanan mudik ke kampung halaman sendiri juga tidak sama. Ada yang dekat dan ada yang jauh. Sehingga keselamatan diri dan kendaraan yang ditunggangi pun harus dipastikan. 

Untuk itu, jika berniat mudik, segala persiapan perlu dimaksimalkan sebelum keberangkatan, baik dalam hal kendaraan maupun kesehatan. Terkait dengan kendaraan atau mobil pribadi yang akan dipakai untuk mudik, alangkah baiknya tidak asal injak gas tanpa persiapan. 

Teknisi NewFast Surabaya, Samsudin, menuturkan sebelum berangkat mudik lebaran dengan menggunakan mobil pribadi ke kampung halaman, kendaraan harus dipastikan dalam kondisi baik. Meskipun pemilik mobil sudah melakukan servis berkala, namun saat akan menempuh perjalanan mudik, ia menyarankan agar mesin mobil dipastikan tetap dalam kondisi prima.

Ada beberapa perawatan yang disarankan oleh Samsudin. Diantaranya Tune Up Mobil, Penggantian Oli dan memastikan rem dalam keadaan bagus. 

"Itu perawatan dan pengecekan supaya tidak terjadi kerusakan saat perjalanan jauh," katanya saat ditemui di NEWFAST 1.0 di Arif Rahman Hakim 22 Surabaya, Selasa (21/3/2023). 

Teknisi ini menyebut, mesin yang tiba-tiba mati dan rem ngeblong kerap menjadi kendala saat perjalanan jauh. "Ini sebenarnya bukan hanya saat mudik. Jika akan perjalanan jauh alangkah baiknya di cek dulu. Toh kalau hanya ngecek, disini tidak kena biaya," terangnya.

Di Bengkel NewFast sendiri untuk cek kondisi mobil gratis. Pengecekan ini meliputi cek minyak, air radiator, air aki, minyak rem, lampu, tekanan ban, dan lainnya. 

"Untuk pengecekan yang ringan seperti itu, di kita gak kena biaya. Kecuali kalau pengecekan sampai dibongkar," ungkapnya. 

Samsudin menjelaskan, bengkel mulai ramai dua minggu sebelum lebaran. Karena banyak pemilik mobil yang tidak rutin melakukan perawatan, saat akan mudik baru datang ke bengkel.

Dia memastikan bahwa pelayanan di New Fast ini tidak kalah dengan dealer-dealer resmi. Jika di dealer resmi memiliki catatan riwayat service lengkap, NewFast juga sudah menerapkan skema yang sama. Termasuk suku cadang dan teknisi juga tidak asal-asalan. Fasilitas ruang tunggu pun sudah setara dengan dealer resmi.

"Disini kita edukasi pelanggan. Misal yang rusak rem, maka bukan hanya rem yang kita perbaiki. Kita akan cek semuanya. Itu kami lakukan untuk mengantisipasi jika ada kerusakan lain. Sehingga pemilik mobil mengerti. Dan jika terjadi kerusakan selain rem, teknisi kita tidak disalahkan," tegasnya.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network