Literasi Perbankan Syariah di Jawa Timur Masih Rendah, Ini Upaya Bank Syariah Indonesia

Ali
Regional CEO BSI Region 8 Surabaya Kemas Erwan Husainy (tengah) saat Kick off Life with BSI GEMA Ramadan 1444 H, di Masjid Al Akbar Surabaya, Sabtu (01/4/2023). Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Regional CEO BSI Region 8 Surabaya Kemas Erwan Husainy menyebut, bahwa sampai saat ini tingkat literasi perbankan syariah masyarakat Jawa Timur masih tergolong rendah. Yakni masih diangka 40 persen. Sedangkan secara nasional, tingkat literasi hanya mencapai 11 persen. Hal itu tentu menjadi hambatan utama dalam penetrasi perbankan syariah di Indonesia.

"Ini kami dorong terus untuk peningkatan literasi perbankan syariah," katanya usai Kick off Life with BSI GEMA Ramadhan 1444 H, di Masjid Al Akbar Surabaya, Sabtu (01/4/2023).

Kick off ini juga dihadiri Ketua Badan Pelaksana Pengelolaan Masjid Al Akbar Surabaya HM Sudjak, Sekretaris Masjid Al Akbar Surabaya H Helmy M Noor, dan Ketua OPOP Provinsi Jawa Timur Andromeda Qomariah.

Kemas mengatakan, digelarnya BSI Gema Ramadhan 2023 dengan menggandeng Masjid Nasional Al Akbar Surabaya ini merupakan upaya BSI dalam melakukan literasi keuangan perbankan syariah kepada masyarakat umum, terutama yang melakukan ibadah Ramadan. 

Momen Ramadan, menurut Kemas sangat tepat untuk mendekatkan diri kepada masyarakat. Dimana sekarang ini untuk melakukan pembayaran zakat, infaq, dan sedekah bisa melalui BSI Mobile. 

Disisi lain, keberadaan masjid saat ini bukan hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga telah berkembang menjadi pusat kegiatan ekonomi masyarakat di lingkungan sekitar. Oleh karena itu, Erwan mengajak masyarakat untuk ikut serta meramaikan acara BSI Gema Ramadhan 1444 H.

"BSI juga membuka Booth untuk mengenalkan produk-produk BSI. Kami juga melayani pembukaan rekening secara online, ada juga pembiayaan Griya, KUR juga ada disitu," ujarnya.

Selain itu, dalam festival Ramadan tahun ini BSI Region 8 Surabaya juga menghadirkan UMKM binaan. Sedikitnya ada 25 UMKM yang bergerak dalam berbagai sektor ikut serta menawarkan produk di area festival. Untuk kemudahan dan kenyamanan, setiap merchant sudah menyediakan fasilitas pembayaran non tunai, yaitu QRIS.

BSI GEMA Ramadhan 1444 H yang dipusatkan di Taman Asmaul Husna Masjid Al Akbar Surabaya ini akan berlangsung hingga 18 April 2023. Banyak acara menarik yang bisa diikuti oleh masyarakat. Diantaranya ngabuburit, lomba Banjari, lomba mewarnai untuk anak-anak, kaligrafi, lompa pildacil, lomba patrol, lomba lato lato bersalawat, hingga lomba baca puisi.

Kemas Erwan berharap, BSI Gema Ramadhan 1444 H ini dapat meningkatkan kinerja bisnis sekaligus melakukan literasi dan inklusi perbankan juga mendorong transaksi syariah selama bulan Ramadan. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat mendorong transaksi UMKM selama Ramadan. 

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network