Rumah Lahir Bung Karno Jadi Wisata Penting, Kehidupan Masa Kecil Sang Proklamator Terekam Disana

Arif Ardliyanto
Rumah Lahir Bung Karno Jadi Wisata Maha Penting, Kehidupan Masa Kecil Sang Proklamator Terekam Disana. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Catatan perjalanan hidup Soekarno tak akan hilang di Kota Pahlawan. Sebagai bapak Proklamasi, Bung Karno sapaan Soekarno memiliki tinta kehidupan, Surabaya menjadi saksi hidup perjalanan lahir nya sang Proklamator RI.

Saat ini, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi telah meresmikan destinasi wisata heritage Rumah Lahir Bung Karno di Jalan Pandean IV No.40, Sabtu (6/5/2023) lalu. Rumah masa kecil Presiden RI Ke-1 tersebut, menjadi salah satu tujuan destinasi wisata sejarah baru di Kota Pahlawan. 

Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan, sejarah Kota Pahlawan tidak bisa dilepaskan dari Bung Karno. Maka dari itu, ia ingin sejarah Bung Karno terus melekat dengan Kota Pahlawan. 

“Bung Karno dan Surabaya tidak bisa dipisahkan, seperti dua sisi mata uang. Saya ingin Surabaya melekat dengan Bung Karno, seperti halnya sejarah tempat orang tua Bung Karno (Raden Soekemi Sosrodihardjo) mengajar juga akan kita hidupkan kembali,” kata Wali Kota Eri Cahyadi. 

Wali Kota Eri ingin, sejarah Bung Karno selalu melekat dengan Arek-arek Suroboyo agar selalu diingat. Agar Arek-arek Suroboyo tidak lupa dengan sejarah Kota Pahlawan, kawasan sejarah yang berada di Peneleh ke depannya akan dibuat saling terintegrasi menjadi Wisata Kebangsaan.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network