ITS dan PT Gapura Kolaborasi Tingkatkan Hilirisasi Kemaritiman Indonesia

Ali
Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng bersama Plt Bupati Bangkalan Drs Mohni MM dan Manajer STP Maritim ITS Ir Tri Achmadi meninjau i-Boat di Dermaga Gapura, Kamal. Foto/ITS

Sementara itu, Rektor ITS menyebutkan bahwa sebagian besar kawasan Indonesia terdiri atas laut, sehingga potensi kelautan Indonesia sangat disayangkan jika tidak dimaksimalkan pemanfaatannya dengan baik. 

“Sebagai institusi pendidikan tertua di Indonesia dalam bidang maritim, ITS dengan inovasi kemaritimannya siap berkolaborasi dengan industri, salah satunya dengan PT Gapura ini,” ungkap rektor yang biasa disapa Ashari ini.

Selaras hal tersebut, Plt Bupati Bangkalan Drs Mohni MM merasa sangat bersyukur dengan adanya fasilitas STP ini. Perlu dipahami bahwa dari pemerintah kabupaten di Jawa Timur terbatas untuk mengelola kawasan bibir pantai. 

Hal tersebut dikarenakan kawasan bibir pantai hanya dapat dikembangkan melalui kerja sama dari pemerintah provinsi dan galangan kapal serta akademisi. Sehingga dengan adanya kolaborasi ini, Mohni menilai akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. 

Selain dilakukan peresmian gedung, para undangan juga diajak menyaksikan demonstrasi kapal tak berawak Intelligence Boat atau i-Boat yang telah dikembangkan ITS untuk membantu memudahkan operasional selama di laut. 

Pada kesempatan yang sama, juga digeber pameran hasil-hasil riset kolaborasi ITS di bidang maritim bersama para pihak industri dan karya mahasiswa di area Gedung STP Maritim Innovation Center & Teaching Center. 

Ke depannya, dengan adanya gedung ini diharapkan mampu mengeksplorasi daya saing maritim Indonesia, terutama di Kabupaten Bangkalan. 

Dengan adanya kolaborasi kerja sama ini juga tidak hanya memberikan kesempatan pengalaman bagi mahasiswa dalam berinovasi, tetapi juga dapat memberi manfaat terhadap bangsa Indonesia.

Editor : Ali Masduki

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network