Fakultas Pertanian UWP Surabaya Jadi Kiblat Belajar Hidroponik Siswa MA dan SMK Gresik

Arif Ardliyanto
Fakultas Pertanian Universitas Wijaya Putra (UWP) Surabaya Jadi Kiblat Belajar Hidroponik Siswa MA dan SMK Gresik. Foto iNewsSurabaya/arif

Dekan Fakultas Pertanian UWP Surabaya, Ir. Faishol Humaidi, MP. Mengatakan, baru-baru ini tepatnya pada tanggal 8 Juni 2023, sebanyak 30  siswa Madrasah Aliyah As-Sa’adah dan dan SMK Ma’arif NU Benjeng melakukan kegiatan mereka di luar sekolah. Kegiatan mereka difokuskan di Green House Fakultas Pertanian Universitas Wijaya Putra. 

Kegiatan tersebut untuk memberikan penguatan kepada siswa secara langsung tentang budidaya hidroponik sebagai salah satu bentuk Urban Farming. Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan motivasi kepada para siswa Madrasah Aliyah As-Sa’adah dan SMK Ma’arif NU Benjeng yang berencana untuk memulai program hidroponik di sekolahnya. Kunjungan tersebut dipimpin Guru Pembina dari Madrasah Aliyah As-Sa’adah, Murni, S.Pd.

“Kita ingin mengajarkan pada siswa, banyak potensi yang bisa diambil dari pertanian. Di sini (UWP) sudah banyak berhasil mengolah barang tak berguna menjadi bernilai tinggi,” katanya.


Fakultas Pertanian UWP Surabaya Jadi Kiblat Belajar Hidroponik Siswa MA dan SMK Gresik. Foto iNewsSurabaya/arif

Yusuf Baunsele dan Sumar sebagai mahasiswa serta pengurus BEM FP UWP menjelaskan bahwa Hidroponik memiliki beberapa kelebihan seperti hemat air dimana Penggunaan air dalam system hidroponik sangat efisien. 

Yang kedua adalah Hemat lahan, System hidroponik bisa dibuat bertingkat sehingga hemat lahan, lalu system hidroponik ini Lebih bersih, Sayuran yang dihasilkan dan berhidroponik lebih bersih karena less pesticide. Pada kegiatan kunjungan ini para siswa diajak untuk melakukan panen bersama hasil budidaya hidroponik sawi yang dikelola oleh Mahasiswa Fakultas Pertanian. 

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network