KM Sumber Kecelakaan di Alas Purwo Banyuwangi, 29 ABK Terlantar di Tengah Laut Menunggu Pertolongan

Siswanto
Kapal ikan KM Sumber dikabarkan kandas dengan mengangkut 29 Anak Buah Kapal (ABK) yang berada di kapal. Foto iNewsSUrabaya/ist

Kasat Polairud Polresta Banyuwangi, Kompol Mashyur Ade membenarkan peristiwa Kapal Ikan yang diduga kandas di perairan wilayah Alas Purwo, Banyuwangi.  KM Sumber Berkat A tersebut diketahui membawa 80 ton ikan hasil tangkapan yang hendak dibawa ke Pelabuhan Tanjung Wangi Banyuwangi. Selain membawa 80 ton ikan, KM Sumber Berkat A juga membawa 29 ABK.

“Dari 29 ABK, sebanyak empat belas (14) ABK KM Sumber Berkat A berusaha menyelamatkan diri dengan cara berenang kepinggir, namun satu ABK bernama Sumantri (35) dikabarkan meninggal dunia dikarekan kelelahan saat berenang ke pinggir," terangnya.

Sedangkan 8 orang dari ABK KM Sumber Berkat A, masih dalam kapal untuk menjaga dan melindungi barang - barang di Kapal serta menjaga ikan hasil tangkapannya.  Sedangkan 16 ABK, saat ini sudah berada di Pos Taman Nasional Alas Purwo yakni di Plengkung dan 4 ABK masih bertahan di pinggir Pantai Plengkung. Kondisi  28 ABK semua dalam kondisi sehat.

“ABK yang meninggal itu langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Blambangan (RSUD) Banyuwangi, dan Kapal belum bisa di evakuasi karena kebocoran pada lambung kapal.” ujarnya.

Direncanakan KM Sumber Berkat A, yang membawa 80 ton ikan tersebut hendak dibawa ke pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi, Jawa timur.  Dalam  evakuasi KM Sumber Berkat A itu melibatkan Banyuwangi 1 Tim, Polsek Purwoharjo, BPBD Banyuwangi, Pos Al Grajagan, Pos Al Muncar, Ambulance Rapi dan 851 Banyuwangi serta Rapi Bwi.

Editor : Arif Ardliyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network