Tingkatkan Pelayanan, Pelindo Multi Terminal Kembangkan Kreativitas dan Inovasi

Arif Ardliyanto
PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), salah satu Sub-Holding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo yang bergerak di bidang pelayanan operasional terminal non-petikemas melakukan pengembangan budaya kreatif dan inovatif. Foto iNewsSurabaya/ist

Terkait itu Sekretaris Perusahaan PT Pelindo Multi Terminal, Fiona Sari Utami menerangkan, Design Thinking mengajak untuk berpikir secara kreatif dan inovatif dalam menghadapi perubahan.

"Kita bisa melihat perubahan sebagai peluang, bukan sebagai ancaman. Melalui pemahaman mendalam tentang kebutuhan pengguna, observasi yang teliti, dan analisis tren pasar, kita dapat mengidentifikasi peluang dan mengembangkan solusi yang relevan," terang Fiona.

Menurut Fiona, rangkaian program inovasi yang dilakukan SPMT selama ini merupakan bentuk komitmen nyata manajemen perusahaan untuk terus menumbuhkan budaya kreatif dan inovatif kepada para pekerja, sebagai upaya untuk beradaptasi dari perubahan dan disrupsi bisnis yang terus terjadi.


PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), salah satu Sub-Holding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo yang bergerak di bidang pelayanan operasional terminal non-petikemas melakukan pengembangan budaya kreatif dan inovatif. Foto iNewsSurabaya/ist

Sepanjang 2023 ini, SPMT menjalankan program inovasi yang mendorong pekerja untuk agile memformulasikan solusi inovatif dalam pengembangan perusahaan secara berkelanjutan. Salah satunya lewat kegiatan sharing session secara hybrid yang melibatkan pekerja SPMT Group dengan pembicara pakar inovasi Indrawan Nugroho, pada tanggal 20 Maret 2023 di Medan.

Pada tahun 2022 sendiri, kompetisi inovasi yang digelar di SPMT Group berhasil menelurkan invoasi penerapan Buffer Tank dalam proses operasi curah cair yang mampu meningkatkan efisiensi kinerja operasional dan mempercepat proses stevedoring baik dari dan ke kapal muat di Branch Bumiharjo.

"Ide penerapan Buffer Tank dalam proses operasi curah cair ini mampu meningkatkan efisiensi kinerja operasional dan mempercepat proses stevedoring baik dari dan ke kapal muat di Branch Bumiharjo. Dan, saat ini sedang dilakukan proses implementasi buffer tank di branch SPMT lainnya, berdasarkan kajian kelayakan tim inovasi terkait," jelas Fiona.

Terlepas itu, disebutkan Fiona sejak PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo melakukan merger pada Oktober 2021 dengan membentuk 4 (empat) subholding, salah satunya adalah PT Pelindo Multi Terminal (SPMT). Maka hal ini tentunya membawa SPMT menghadapi berbagai tantangan dan perubahan yang menuntut adaptasi dan agility.

"Melalui pencipataan inovasi-inovasi baru dalam perbaikan proses bisnis dan pelayanan, secara langsung juga akan meningkatkan kualitas pelayanan dan kinerja SPMT dan Pelindo kepada pengguna jasa dan masyarakat," pungkas Fiona.

Editor : Arif Ardliyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network