Tawuran Udah Ketinggalan Zaman, Buktikan di Rumble Training Camp, Wadah Combat Fighter

Ali
Peserta berlatih sebelum pertandingan Rumble Open Sparing (ROS) di Rumble Training Camp Surabaya. Foto/Ali

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Tawuran dan aksi premanisme sudah gak zaman. Selain menyebabkan luka, juga bisa menjadi ancaman pidana bagi para pelakunya. Terlebih, pertarungan yang dilakukan secara bebas dan bisa menimbulkan fatalitas bagi siapa saja.

Nah bagi yang suka menjajal kanuragan, saat ini ada Rumble Training Camp, wadah Combat Fighter yang bisa membuktikan sejauh mana kekuatan fisik para petarung.

Sebuah Rumble Open Sparing (ROS) yang digagas oleh Jeffri Oktavian ini ternyata banyak diminati. Animo member dan masyarakat membeludak.

Hingga 3 kali digelar, kegiatan tersebut selalu ramai peminat. Ada belasan hingga puluhan member yang selalu mendaftar untuk bisa 'adu jotos' secara aman di dalam ring dengan ketentuan bak pertandingan profesional.

"Kegiatan ini sebelumnya sudah 2 kali digelar. Setiap 3 sampai 4 bulan sekali, selalu kita adakan, terakhir acaranya di Rumble Training Camp Citraland pada 8 Juli 2023 lalu," kata Jeffri saat ditemui, Jumat (21/7).

Hal senada disampaikan, Co-Founder Rumble Training Camp Surabaya, Febriansha. Menurutnya, pertandingan yang digagas tanpa menggunakan embel-embel 'fight' itu lantaran mayoritas peserta berasal dari member. Namun, sebagian diantaranya dari umum.

"90% (peserta ROS) dari rumble di 4 cabang (Klampis, Laves, Citraland & Malang). Nah, di atas Ring lewat acara ROS ini para member kita akan diadu secara teknik dan fisik," ujar dia.

Dalam pertandingan, peserta juga diwajibkan menggunakan teknik yang sudah diajarkan (bagi para member). Mengingat, ada 2 jenis pertandingan yang digelar, yakni kick boxing dan boxing. 

Selain itu, peserta juga wajib menggunakan protect, seperti helm, pengaman, dan sarpras penunjang lainnya. Tak ayal, pertandingan berlangsung bak profesional, walaupun kelas member atau pemula.

"Tujuannya untuk mewadahi member rumble untuk mewadahi member rumble supaya merasakan pertandingan beneran feelingnya seperti ini loh. Mulai tegang, nervous, sampai disorakin penonton. Jadi, ekosistemnya lebih hidup," imbuh dia.

Sementara itu, General Manager Rumble Training Camp, Ferdinand Kristian menegaskan bahwa goals yang disasar tak hanya merasakan feel pertandingan sesungguhnya seperti apa, namun juga menekankan gerakan, teknik, dan pelbagai tata cara pertandingan profesional kepada para peserta.

"Ya ibarat sekolah kalau hariannya belajar, nah pertandingan ini adalah ujiannya. Selain itu, orang luar juga bisa bergabung dan kita show, biasanya kita persiapkan 3 sampai 4 bulan, jadi kita juga nggak mau kasih pertandingan seperti preman, tapi punya skill dan teknik yang bagus," tutur dia.

Dengan begitu, ia optimis animo masyarakat tentang combat sports kian meningkat. 

"Daripada tarung di jalan, sok jagoan, dan ngebully orang, mending buktiin aja di kompetisi, tapi lebih ke combat sport dengan rules dan ketentuan," tutup pria yang juga menjabat sebagai Event Promoter Rumble Training Camp itu.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network