Mengenal Pusaka KH Hasyim Asy'ari Pendiri Nahdlatul Ulama yang Masih Terawat dengan Baik hingga Kini

Muhktar Bagus/Rivo
Pendiri NU KH Hasyim Asy'ari benda pusaka peninggalannya hingga kini masih terawat dengan baik. Foto: Ist

JAKARTA, iNews.id - Organisasi Nahdlatul Ulama (NU) yang didirikan oleh KH Hasyim Asy'ari telah berusia satu abad atau 100 tahun.  Berbagai benda pusaka yang menyertai perjuangan Kiai Hasyim masih banyak yang terjaga dan dirawat dengan baik hingga saat ini.

Sebagian peninggalan Kiai Hasyim telah disimpan di museum Islam Indonesia, sementara sebagian lainnya masih dijaga dengan khusus oleh cucu-cucunya. 

Beberapa di antaranya adalah tongkat kayu yang biasa digunakan untuk berdakwah, serta beberapa perabot seperti lampu, meja, dan kursi.

Semua benda peninggalan tersebut dirawat dengan baik oleh salah satu cucu Kiai Hasyim, yaitu KH Riza Yusuf Hasyim (Gus Riza), putra dari KH Yusuf Hasyim, di rumahnya yang terletak di Desa Kwaron, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Beberapa pusaka dan peninggalan Kiai Hasyim masih dalam keadaan utuh, namun ada beberapa yang ditemukan rusak dan telah berhasil diperbaiki kembali, seperti kursi tamu berbahan kayu yang telah direstorasi oleh Gus Riza.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network