get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Umat Hindu Jatim Hadiri Perayaan Dharma Santi 2024 di Taman Candra Wilwatikta

Jutaan Nahdliyin Lakukan Kirab Santri Banten-Surabaya, Kenang Hadratussyekh KH Hasyim Asy'ari

Jum'at, 20 Oktober 2023 | 08:21 WIB
header img
Jutaan Nahdliyin Lakukan Kirab Santri Banten-Surabaya, untuk Kenang Perjuangan Hadratussyekh KH Hasyim Asy’ari. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Kirab Santri menjadi salah satu rangkaian dari kegiatan Hari Santri 2023. Agenda ini dilakukan jutaan santri dan warga NU atau Nahdliyin di seluruh pulau Jawa untuk mengenang Perjuangan Hadratussyekh KH Hasyim Asy’ari.

Wakil Ketua Panitia Hari Santri 2023 M Nabil Haroen mengatakan, kirab ini menjadi bagian monumental untuk menggerakkan santri di kawasan Jawa, dari Banten hingga Surabaya. 

Bahkan, Gus Nabil menegaskan bahwa Kirab Santri menjadi penanda sejarah tentang perjuangan kaum santri melawan penjajah, terutama ketika Resolusi Jihad yang digaungkan Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari pada 1945. 

"Kirab Hari Santri tahun 2023 ini akan melibatkan jutaan warga Nahdliyin di seluruh Jawa," ucap Gus Nabil di Surabaya pada Kamis (19/10/2023). 

Ia menjelaskan, Kirab Santri ini dimulai dari Banten hingga Surabaya. Sesuai jadwal, rombongan Kirab Santri ini sudah mulai berangkat pada 19 Oktober 2023, hari ini. Kemudian diperkirakan akan sampai di Surabaya pada 21 Oktober 2023.

"Kemudian mengikuti berbagai kegiatan Puncak Hari Santri 2023 pada 22 Oktober 2023, yang berpusat di Surabaya," ucapnya. 
Ia memperkirakan, Kirab Santri ini akan melibatkan jutaan santri sepanjang Banten hingga Surabaya. Bahkan, kata Gus Nabil, ada lebih dari 20 juta santri yang akan terlibat. 

"Juga Lembaga-lembaga serta badan otonom di bawah NU semuanya terlibat pada kirab ini. Semua pesantren dari Banten hingga Jawa Timur  yang dilewati pada pawai ini, akan dilibatkan," jelas Gus Nabil. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut