Sementara itu, penghargaan kedua adalah Corporate Reputation Awards. Corporate Reputation Awards didasarkan penilaian reputasi perusahaan yang mengacu pada riset online dengan ribuan responden dari berbagai kalangan usia, kota dan berpedoman pada 3 parameter, meliputi business & commercial reputation; people & leadership reputation; dan social & citizen reputation. Sampoerna dinilai selalu berkomitmen menciptakan nilai tambah bagi masyarakat luas.
Pertama, Sampoerna berkomitmen untuk investasi jangka panjang. Sejak 2005, Sampoerna telah berinvestasi senilai US$6,3 miliar di Indonesia. Awal 2023 lalu, Sampoerna juga mencatatkan pencapaian strategis dengan peresmian dan pelepasan ekspor perdana dari fasilitas produksi produk tembakau inovatif bebas asap di Karawang, Jawa Barat.
Fasilitas produksi ini merupakan yang pertama di Asia Tenggara dan ketujuh di dunia, serta ditujukan untuk memenuhi permintaan pasar ekspor di kawasan Asia Pasifik maupun pasar domestik. Realisasi investasi ini menjadi bagian dari upaya Sampoerna untuk turut mendukung prioritas pemerintah dalam mendorong investasi dan meningkatkan ekspor barang jadi.
Kedua, Sampoerna juga telah menciptakan lapangan kerja yang luas di Indonesia. Pada Agustus 2023, Sampoerna dan 38 Mitra Produksi Sigaret (MPS) mempekerjakan lebih dari 71.000 karyawan.
Perseroan juga mengoperasikan 7 fasilitas produksi milik Perseroan serta bekerja sama dengan 38 MPS yang dimiliki oleh pengusaha dan koperasi lokal. Melalui pemasok, Sampoerna juga secara konsisten menjalankan program kemitraan dengan 22.000 petani tembakau dan cengkih.
Ketiga, Sampoerna memposisikan Indonesia sebagai hub yang penting untuk ekspor barang dan jasa. Saat ini, Sampoerna telah melakukan ekspor barang jadi ke lebih dari 40 tujuan ekspor dan ekspor layanan di bidang teknologi, keuangan, digital, hingga personalia, ke 39 negara di dunia.
Editor : Arif Ardliyanto
Artikel Terkait