Surabaya Berdaya, 236 Talenta Digital Muda Kini Siap Kerja dan Berwirausaha di Bidang IT

Ali Masduki
Sebanyak 236 kaum muda berusia 18-29 tahun telah menyelesaikan pelatihan dan siap bekerja maupun berwirausaha di bidang teknologi informasi. Foto/Plan Indonesia

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Di era digital yang berkembang pesat, tidak semua calon talenta digital bisa mengakses pelatihan atau pendidikan yang mumpuni. Tantangan ini sangat krusial dalam menjamin peluang pekerjaan bagi para generasi muda, serta mewujudkan peningkatan ekonomi lokal dan mencapai tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) dengan dukungan Lenovo Indonesia telah menyelesaikan penyelenggaraan pelatihan YES Tech (Youth Excellence in Smart Technology) bagi kaum muda Surabaya agar siap berkontribusi untuk memajukan perekonomian lokal di Indonesia. 

Sebanyak 236 kaum muda berusia 18-29 tahun telah menyelesaikan pelatihan dan siap bekerja maupun berwirausaha di bidang teknologi informasi.

Pada Senin (23/10), para peserta YES Tech, termasuk perempuan dan penyandang disabilitas, merayakan kelulusannya dalam acara bertajuk ‘Reaching Beyond Our Lifespan’ di Surabaya, Jawa Timur. 

Sejak 2022, para talenta muda telah menjalani pelatihan di bidang teknologi informasi, khususnya terkait digital marketing, web programming, dan IT network and hardware repair. 

Mereka juga menjalani pelatihan kesiapan kerja (soft skill) dimana 154 orang di antara peserta telah mendapatkan pekerjaan baru, menjalani magang, melanjutkan pendidikan, atau membuka usahanya sendiri.

Benedictus Wahyu Sadewo, Youth Employment and Entrepreneurship Program Manager Plan Indonesia, mengatakan, YES Tech dirancang untuk menjadi loncatan bagi para talenta digital muda di Surabaya untuk berkarya. 

Program ini juga melambangkan salah satu upaya Plan Indonesia dalam memberikan akses kerja nyata kepada kaum muda Surabaya, dengan diversifikasi kemampuan teknologi melalui pelatihan yang komprehensif.

“Plan Indonesia selalu bekerja untuk membantu kaum muda di Indonesia melewati dinding tinggi bernama akses menuju dunia kerja, khususnya program pelatihan yang bersifat end-to-end. Selain itu, Plan Indonesia juga berharap agar program ini dapat bekontribusi dalam upaya kolektif Indonesia mewujudkan kerja layak dan pertumbuhan ekonomi (SDG no.8), sekaligus mengurangi kesenjangan di dalam maupun antarnegara (SDG no. 10),” ujar Wahyu pada seremoni ‘Reaching Beyond Our Lifespan’ di Surabaya, Senin (23/10/2023).

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network