Perkuat Pengembangan SMA Double Track, Gubernur Ingatkan Kepala Sekolah Harus Jadi Enable Leadership

Saipul Yudi
Perkuat Pengembangan SMA Double Track, Gubernur Ingatkan Kepala Sekolah Harus Jadi Enable Leadership. Foto iNewsSurabaya/ist

Ajang penghargaan ini,  lanjut Khofifah sekaligus diharapkan dapat mengukur kapasitas, improvement,  inovasi dan kreatifitas yang dilakukan oleh masing-masing satuan pendidikan.  Evaluasi itu bisa berdasarkan KUS (Kelompik Usaha Siswa)  atau inisiasi kepala sekolah

"Ternyata yang semula ragu sudah bisa melihat hasilnya. Para siswa SMA melakukan produk inovatif dan produktif yang dipasarkan secara online atau langsung. Ini tentu membangun semangat anak-anak untuk mampu bersaing di dunia usaha. Dan saya seringkali berpesan kepada anak-anak harus menjadi game changer dan punya kemampuan dalam menghadapi perubahan-perubahan dari keadaan yang sebelumnya dianggap tidak bisa menjadi bisa. Melalui program Double Track mentoring, digital skill yang tadinya tidak tahu kemampuannya akhirnya terekspose," jabar Khofifah. 

Karenanya ia berpesan kepada para kepala sekolah untuk menjadi Enabler Leader. Tak hanya itu, orang nomor satu Jatim ini juga meminta agar skill siswa harys diasah lebih dalam lagi.  Siswa juga harus dikenalkan pada 4 entitas disetiap komunitas.  

 "Saya rasa dengan ini ketelatenan guru,  kepala sekolah dan mentor, sinergitas yang terbangun dengan elemen lain insya Allah bisa membuka ruang yang tadinya tidak mungkin menjadi mungkin," pungkas dia.  

Ditambahkan Kadindik Jatim,  Aries Agung Paewai,  program SMA Double Track merupakan embrionya untuk menampung anak-anak yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi. Tentu,  mereka diasah kreatifitas dan kompetensinya sesuai dengan kondisi kebutuhan skill di DUDI. Ini agar mereka siap terjun ke masyarakat melalui rintisan wirausahan maupun bekerja di industri.  

"Program ini menyasar pada satuan pendidikan yang berada didaerah terpencil dengan siswa yang tidak memiliki minat melanjurkan ke perguruan tinggi. Dengan pembekalan skill di Double Track ini siswa bisa terbekali keterampilannya," ujar dia.  
  
Melihat tren positif dan peminatan yang cukup tinggi tiap tahunnya, Dindik Jatim akan terus mengembangkan program secara berkelanjutan dan bermanfaat bagi msyarakat luas   

Pria yang juga Pj Wali Kota Batu ini menyebut ada progres jangka panjang dalam pengembangan SMA Doubke Track. Di tahun pertama progres itu, berpusat pada sekolah sebagai pelatihan. Pada tahun pertama program, infrastruktur digital dibangun untuk mendukung pengembangan program, melalui berbagai platform yang disediakan, yakni www.ruangadmin.dt, www.ruangdagang.net, www.ruangkarir.net, www.ruangtraining.net, dan www.ruangujian.net.

Selanjutnya,  ditahun kedua pelaksanaan program dilakukan penguatan sekolah sebagai pusat produksi setelah menjadi pusat pelatihan. Serta penguatan pasar komunitas, menciptakan lapangan kerja, memberikan wawasan berwirausaha dan memperkuat kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

"Masuk di tahun ketiga fokus utama kami adalah pembinaan caloj tenaga kerja terlatih dari alukni double track. Dan penguatan komunitas melalui DT (Double Track) Mart," jelasnya 

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network