Fastpay dan SAMKOPI UMKM Beri Kemudahan Bayar Pajak hingga Kirim Paket di 6.118 Bumdes Wilayah Jatim

Ali Masduki
Fastpay dan SAMKOPI UMKM bersinergi melayani pembayaran berbagai produk digital. Foto/Istimewa

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Fastpay dan SAMKOPI UMKM bersinergi untuk tingkatkan ekonomi lokal dan mewujudkan digitalisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di wilayah Jawa Timur. 

Melalui program ini, BUMDes Jawa Timur yakni SAMKOPI (Samsat Koperasi) UMKM akan melayani pembayaran berbagai produk digital seperti pajak kendaraan, tagihan rumah tangga bulanan, dan masih banyak lagi dengan lebih mudah dan cepat. 

Setidaknya ada 6.118 BUMDes di wilayah Jawa Timur yang akan secara bertahap mendapatkan akses digitalisasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan serta pendapatan desa. 

“Dengan adanya Fastpay dan SAMKOPI UMKM yang saling bersinergi ini bisa menambah unit usaha baru dan menambah pendapatan bagi BUMDes, serta memudahkan masyarakat untuk tidak perlu lagi pergi ke kantor SAMSAT kabupaten untuk melakukan pembayaran dan pengesahan STNK,” ujar Hari Purnawan, Kepala Desa Kemirigede, Kab. Blitar. 

Direktur Marketing Fastpay, Suroto menjelaskan bahwa pihaknya menyambut baik kolaborasi antara institusi pemerintahan tersebut. 

Fastpay selaku perusahaan di bidang financial technology ingin terus memberikan dampak bagi ekonomi lokal, salah satunya tentu di wilayah Jawa Timur. 

“Alhamdulillah saat ini layanan SAMKOPI dan Fastpay sudah ada di 158 BUMDes di wilayah Sumenep, Blitar, Mojokerto, Lamongan, Gresik, dan Jombang,” kata Suroto.

Ia bilang, layanan ini utamanya dapat membantu masyarakat yang ingin melakukan pembayaran pajak kendaraan tanpa perlu datang ke kantor SAMSAT Kabupaten atau Kota setempat. 

"Masyarakat tinggal datang ke SAMKOPI di desa masing-masing untuk bisa mencetak lembar pengesahan. Data pembayaran juga akan ter-update di database SAMSAT Jawa Timur,” imbuhnya.

Layanan Fastpay yang berkolaborasi dengan SAMKOPI UMKM tidak hanya melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor saja melainkan ada berbagai layanan pembayaran lain. 

Mulai dari pembayaran tagihan bulanan seperti listrik, air, telepon, cicilan, asuransi, dan lainnya, kemudian juga ada layanan kirim dan tarik tunai uang di ratusan bank lokal maupun nasional, serta layanan agen ekspedisi sehingga bisa menjadi drop point untuk pengiriman paket

Bapenda Jatim menilai program itu sangat membantu dan mempermudah masyarakat di daerah, khususnya yang jauh dari SAMSAT. Ada efisiensi waktu dan jarak yang signifikan.

Vice President dari Fastpay, Adigdha Kholif menambahkan, pengembangan layanan digitalisasi BUMDes melalui Fastpay yang berkolaborasi dengan SAMKOPI UMKM akan terus dikembangkan, hingga nantinya bisa tersedia secara eksklusif di 6.118 BUMDes wilayah Jawa Timur. 

“Kolaborasi ini tentu jadi momentum yang harus dikembangkan untuk mendukung digitalisasi pembayaran yang sudah semakin masif dan banyak dipakai oleh masyarakat,” tutupnya.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network