Universitas Hang Tuah Lepas Puluhan Ribu Ikan di Sungai Depan Kampus

Ali Masduki
Civitas akademika UHT Surabaya melepas benih ikan di depan kampus, Jumat (17/11/2023). Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya melepas puluhan ribu ikan di sungai depan Kampus UHT Surabaya, Jumat (17/11/2023). Rektor UHT Surabaya Prof. Supartono mengatakan, pelepasan ikan tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup dan pelestarian budi daya ikan air tawar.

"UHT prihatin akan penurunan kualitas lingkungan perairan sungai di depan kampus UHT, serta gejala menurunnya jumlah beberapa jenis ikan air tawar," ujarnya.

Ia berharap, 12.000 benih ikan air tawar yang terdiri dari 7000 ekor benih ikan tombro dan 5000 ekor benih ikan nila yang dilepas itu nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar kampus.

"Masyarakat yang membutuhkan ikan untuk kegiatan memancing, baik untuk hiburan maupun untuk memenuhi kebutuhan protein rumah tangga nanti bisa kesini," ucapnya.

Prof. Supartono bilang, species ikan tombro dan ikan nila merupakan ikan konsumsi masyarakat luas. "Dua jenis ikan tersebut bisa tumbuh dengan cepat dan berkembang biak di habitat air tawar," ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan restocking ikan juga sangatlah perlu untuk dilaksanakan. Kata dia, selain untuk peremajaan kembali ikan-ikan yang sudah ada, juga untuk melestarikan kelangsungan hidup ikan sebagai bagian dari kekayaan alam dan plasma nutfah.

"Keberadaannya harus tetap dijaga dan dilestarikan untuk masa depan generasi bangsa," tandasya. 

Pelepasan ikan ke lokasi bantaran kali Jalan Arif Rahman Hakim tepatnya di depan kampus Laut Biru UHT Surabaya ini diikuti oleh jajaran pimpinan Civitas Akademika terdiri dari Wakil Rektor 1, Wakil Rektor  2, Wakil Rektor 3 dan Dekan Fakultas Pelayaran, Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi, FISIP, FTIK, Fakultas Kedokteran Gigi, dan  Fakultas Kedokteran, serta seluruh Dosen dan Tendik.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network