Potensi Persaingan Caleg Artis dari Ahmad Dani Hingga Tom Liwafa di Dapil Jatim 1

Ali Masduki
Tom Liwafa tetap optimistis bisa bersaing dengan caleg artis dan caleg kenamaan lainnya di dapil Jatim 1. Foto/Istimewa

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Artis dan selebritis atau pesohor tanah air makin banyak yang terjun ke dunia politik menjadi calon Legislatif DPR RI. Dari data KPU RI, sedikitnya ada sekitar 82 artis, selebritas dan selebgram yang akan ikut dalam Pemilihan Legislatif 2024.

Salah satu daerah pemilihan atau dapil yang banyak diisi oleh caleg artis adalah dapil Jawa Timur 1, Surabaya Sidoarjo. 

Di dapil Jatim 1 ini ada nama sejumlah artis dan selebgram yang bertarung untuk lolos ke Senayan. Diantaranya Arzeti Bilbina dari PKB, Lucy kurniasari dari Partai Demokrat, Ahmad Dani dari Gerindra, Arizal Tom Liwafa dari PAN, Andre Hehanusa dari PDIP, dan Krisna Mukti dari Nasdem. 

Dapil Jatim 1 nantinya akan memperebutkan 10 kursi untuk lolos ke DPR RI. Persaingan ketat antar caleg di Dapil Jatim 1 tidak hanya terjadi antar caleg artis, namun juga dengan caleg incumbent yang sudah memiliki basis massa. Dari daftar caleg artis di dapil Jatim 1 ini hanya Arzeti Bilbina dan Lucy kurniasari yang berstatus caleg incumbent. 

Menurut Mochtar W Oetomo, peneliti senior dari Surabaya Survey Center atau SCC, dapil jatim 1 ini bukan hanya jadi dapil neraka bagi caleg berpengalaman dan sudah mapan, incumbent, namun juga jadi dapil neraka bagi artis selebgram atau pesohor. 

Sejauh ini berdasar survey SSC, para caleg artis ini popularitasnya melampaui caleg kenamaan yang sudah mapan di dapil jatim satu, Surabaya Sidoarjo.

Namun dari sisi elektabilitas, bisa dibilang hanya Arzeti Bilbina, Lucy Kurniasari dan Ahmad Dani yang mampu bersaing dengan para caleg mapan atau incumbent lainnya di dapil jatim 1.

 "Arzeti Bilbina dan Lucy kurniasari sendiri merupakan caleg incumbent yang telah memiliki basis massa sendiri. Arzeti Bilbina caleg PKB kuat di Sidoarjo, sementara Lucy kurniasari dari Partai Demokrat kuat di Kota Surabaya. Ahmad Dani dari Gerindra juga dinilai kuat di Kota Surabaya, namun belum terlihat aktif turun menyapa pemilihnya," ungkap Mochtar W Oetomo. 

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network