7 Manfaat Kopi, Perhatihan Hal ini Sebelum Minum Kopi di Pagi Hari!

Ali Masduki
Hampir setiap orang menyukai kopi dan menikmatinya pada pagi hari. Beberapa beranggapan bahwa kopi pagi hari bisa meningkatkan energi serta stamina untuk menjalani aktivitas. Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Kopi adalah minuman yang banyak dikonsumsi di seluruh dunia, dan selain memberikan kenikmatan rasa, kopi juga memiliki beberapa manfaat potensial bagi kesehatan. 

Sebagian besar masyarakat Indonesia bahkan kerap menyeruput kopi kala pagi hari. Namun sebelum minum kopi pada pagi hari anda musti memperhatikan beberapa hal. Karena beberapa beranggapan bahwa minum kopi di pagi hari bisa meningkatkan energi serta stamina untuk menjalani aktivitas.

“Mendukung rutinitas minum kopi pagi Anda dengan beberapa praktik strategis dapat membawa perubahan besar pada pencernaan, stres, keseimbangan hormon, energi, dan banyak lagi,” kata ahli diet fungsional dan pakar kesehatan pencernaan Abigail Hueber dilansir dari Wellandgood.

Minum kopi pada pagi hari setelah bangun tidur, katanya, dapat mengaktifkan pelepasan hormon stres termasuk adrenalin dan kortisol. 

Kortisol adalah hormon penting yang dikeluarkan tubuh di pagi hari. Namun kafein yang didapat dari kopi saat perut kosong dapat menyebabkan pelepasan kortisol yang berlebihan.

Berikut beberapa manfaat kopi yang telah didukung oleh penelitian:

1. Sumber Antioksidan

Kopi mengandung sejumlah besar antioksidan, yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan.

2. Meningkatkan Energi dan Kecerdasan

Kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan energi dan meningkatkan fungsi kognitif. Kafein bekerja dengan merangsang sistem saraf pusat, sehingga dapat meningkatkan mood, kewaspadaan, dan fokus.

3. Melindungi Otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat berhubungan dengan risiko lebih rendah terhadap penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer dan Parkinson.

4. Menurunkan Risiko Beberapa Penyakit

Konsumsi kopi telah dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa penyakit, termasuk penyakit hati (seperti sirosis dan kanker hati), diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker, seperti kanker kolorektal.

5. Meningkatkan Kinerja Fisik

Kafein dapat meningkatkan pelepasan asam lemak dari jaringan lemak dan meningkatkan kinerja fisik dengan meningkatkan tingkat adrenalin dalam darah.

6. Perlindungan terhadap Penyakit Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner.

7. Mengandung Nutrisi Penting

Kopi mengandung sejumlah kecil nutrisi penting, termasuk vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), dan mineral seperti magnesium dan kalium.

Namun, penting untuk diingat bahwa efek kopi dapat bervariasi antar individu, dan konsumsi yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping, termasuk kecanduan, gangguan tidur, dan gangguan pencernaan. 

Sebaiknya konsumsi kopi disesuaikan dengan toleransi individu dan sebaiknya tidak berlebihan. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang hamil, konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsi kopi secara berlebihan.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network