Hasil Survei The Republic Institute Dapil Jatim 1

Ali Masduki
The Republic Institute paparkan hasil survei regional Jawa Timur. Foto/Istimewa

Survei Pilpres di Provinsi Jawa Timur ini dilakukan oleh The Republic Institute pada 1-8 Januari 2024 di 38 Kabupaten/Kota di seluruh Jawa Timur. Ini merupakan lanjutan dari Survei di Jawa Timur yang dilakukan pada September dan November lalu. 

Riset lanjutan ini dilakukan dengan jumlah sampel 1.400 responden secara menyeluruh di Jawa Timur dengan metode pengambilan sampel secara multistage random sampling, dengan Margin of Error (MoE) sebesar 2,62%.

Sufyanto menjelaskan, bahwa untuk temuan riset ini mayoritas pemilih menempatkan Prabowo-Gibran sebagai pilihan tertinggi dengan (54,1 persen) yang mengalami trend terus naik sejak survei September dan November. 

Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada urutan ke dua sebesar (27,4 %) dan diurutan paling bawah ada Anies Baswedan-Muhaimin sebesar (15,3%). Sementara itu untuk yang belum menentukan sebesar 3,1 persen. 

Terkait persebaran pemilih, paslon nomor dua unggul di Kota Surabaya, Sidoarjo, Kota Pasuruan, Pasuruan, Probolinggo, Kota Probolinggo, Bondowoso, Banyuwangi, Lumajang, Jember, Kota Malang, Kota Batu, Malang, Blitar, Kota Kediri, Kediri, Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Ngawi, Jombang, Mojokerto, Nganjuk, Madiun, Kota Madiun, Lamongan, Gresik, Bangkalan, Sampang, dan Pamekasan.

Sedangkan pemilih yang menggunggulkan Ganjar Pranowo-Mahfud MD tersebar di Tulungagung, Kota Blitar, Magetan, Tuban, dan Sumenep. Kemudian pemilih Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar hanya tinggi di Kabupaten Situbondo. 

Terdapat 2 daerah dengan nilai elektabilitas yang sama yaitu Kabupaten Bojonegoro, yang nilai elektabilitas Prabowo-Gibran sama dengan nilai elektabilitasnya Anies-Muhaimin dan Kota Mojokerto nilai elektabilitas Prabowo- Gibran sama dengan nilai Elektabilitasnya Ganjar-Mahfud.


 

Editor : Ali Masduki

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network