Atourin Perkenalkan Fitur Itinerary Creator dan Marketplace Pariwisata

Ali Masduki
Tampilan fitur Itinerary Atourin. (Foto: Tangkapan Layar)

SURABAYA, iNews.id - Sejak awal tahun 2020, ketika Covid-19 melanda, Atourin muncul dengan inovasi teknologi berupa wisata virtual (virtual traveling). 

Inovasi tersebut sebagai solusi untuk mendukung pelaku pariwisata, seperti pemandu wisata, agar tetap dapat memiliki aktivitas dan mata pencahariannya. 

Selain itu, metode ini tetap dapat memperkenalkan destinasi wisata kepada wisatawan domestik maupun mancanegara secara virtual. 

Atourin melalui Atourin Academy memberikan jasa pelatihan dan pendampingan wisata virtual secara online kepada pelaku pariwisata di seluruh Indonesia yang didukung baik oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang dilanjutkan dengan penyelenggaran aktivitas wisata virtual di destinasi tempat pemandu wisata tersebut berada.

COO Atourin, Reza Permadi, mengungkapkan bahwa inisiasi Atourin ini mendapatkan respon positif karena telah memberikan manfaat serta dampak positif kepada pelaku pariwisata agar dapat bertahan di kala pandemi. 

Hingga saat ini, terhitung lebih dari 350 wisata virtual telah diselenggarakan oleh Atourin yang berkolaborasi dengan pelaku pariwisata lokal di seluruh Indonesia. 

Bahkan lebih dari 3.000 wisatawan virtual yang sudah dibawa untuk menikmati keindahan destinasi wisata di Indonesia secara virtual. 

"Selain itu, lebih dari 2.000 pelaku pariwisata telah menjadi alumni pelatihan wisata virtual ini. Di antaranya juga tercatat lebih dari 130 desa wisata telah mendapatkan pelatihan dan pendampingan secara online maupun offline," jelas Reza.

Chief Financial & Partnership Atourin, Muchdlir Zauhariy menjelaskan, sudah hampir dua tahun ini Atourin menyediakan jasa wisata virtual secara private untuk perusahaan yang membutuhkan outing karyawannya maupun sekolah yang membutuhkan field trip siswanya. 

Baik ke destinasi dalam negeri maupun luar negeri sesuai dengan permintaan yang dipandu langsung oleh pemandu wisata lokal dengan total lebih dari 350 wisata virtual. 

Di samping itu, untuk peningkatan kapasitas sumber daya manusia, Atourin juga menyediakan jasa pelatihan untuk pembuatan paket wisata, hospitality yang baik dan benar, fotografi dan videografi, serta digital marketing untuk pelaku pariwisata di seluruh Indonesia. 

Atourin terus melakukan berbagai inovasi sampai di penghujung tahun 2021. 

Atourin melakukan pengembangan pengalaman wisata virtualnya dengan memanfaatkan teknologi virtual reality (VR) dengan memanfaatkan media 360o yang dapat dirasakan dengan menggunakan VR Box atau VR Cardboard. 

Sehingga wisatawan virtual dapat melakukan pencarian informasi wisata dari rumah masing-masing namun seolah-olah berada langsung di lokasi. 

VR bisa menjadi solusi atau media alternatif untuk memberikan pengalaman wisata baik di kala pandemi atau di kondisi normal.

Pada awal tahun 2022 ini, Atourin merilis inovasi produk digital baru kepada masyarakat. Ada 3 produk yang dirilis oleh Atourin untuk mempermudah wisatawan dan memberikan pengalaman berwisata yang tentunya akan lebih baik lagi. 

Pertama, platform Marketplace yang merupakan tempat di mana produk pariwisata dapat diperjualbelikan oleh seluruh pelaku pariwisata di Indonesia. 

Produk pariwisata yang terdiri dari paket wisata, local experience, dan oleh-oleh atau suvenir lokal tersedia serta dapat ditemukan dengan mudah oleh wisatawan. 

Kedua, yaitu fitur Itinerary Creator (kustomisasi rencana perjalanan) di mana memungkinkan wisatawan untuk membuat sendiri itinerary sesuai dengan keinginannya berdasarkan database ribuan obyek wisata yang telah tersedia di sistem Atourin. 

Itinerary tersebut dapat disimpan dan dibagikan kepada seluruh pengguna Atourin, sehingga platform Atourin dapat menjadi media sosial dari traveler untuk traveler sebagai tempat untuk berbagi referensi dan rekomendasi jalan-jalannya. 

Ketiga, Atourin merilis mobile apps yang dapat diunduh secara gratis oleh semua orang di Play Store dan App Store per bulan Januari 2022 ini. 

Chief Executive Officer Atourin, Benarivo Triadi Putra menambahkan, produk digital ini dibuat agar wisatawan mendapatkan kemudahan melalui fitur-fitur yang dapat membantu pencarian informasi dan perencanaan wisata yang lebih mudah dan menyenangkan. 

"Semoga inovasi yang dilakukan ini dapat membantu memenuhi kebutuhan, baik dari sisi wisatawan maupun pelaku pariwisata di mana pun berada,” tandasnya.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network