Kepala Dindik Jatim Peringatkan Operator Sekolah, Jangan Main-main dengan Sistem PPDB!

Saipul Yudi
PPDB Jawa Timur segera diberlakukan menjelang tahun ajaran baru. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Aries Agung Paewai, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, dengan tegas mengingatkan para Kepala SMA, SMK, dan PKPLK, serta operator sekolah dan operator Cabang Dinas Pendidikan wilayah. Mereka tidak memanipulasi sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk keuntungan pribadi atau orang lain. 

Peringatan ini dilakukan untuk menyukseskan pelaksanaan PPDB. Dindik juga telah menyiapkan 754 operator, mereka siap membantu masyarakat untuk mengatasi kendala teknis selama proses berlangsung. Aries menegaskan bahwa tindakan main-main dengan sistem PPDB akan dikenai sanksi tegas.

Menyampaikan pesan dari Pj Gubernur Jatim, Aries menekankan pentingnya menjaga integritas operator dan memastikan setiap keputusan diambil dengan koordinasi dan persetujuan dari kepala satuan pendidikan masing-masing. Pernyataan tersebut merupakan langkah konkret dalam menanggapi masalah sekolah 'favorit' yang masih menjadi sorotan masyarakat.

Sebelum pembukaan PPDB, upaya untuk menitipkan calon peserta didik baru di sekolah tujuan telah menjadi tren, namun Aries menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah menetapkan regulasi PPDB yang mengatur berbagai hal, termasuk penetapan wilayah zonasi SMA yang tidak dapat dilakukan per satu wilayah kabupaten/kota. Ini adalah langkah signifikan dalam menjaga keadilan dan transparansi dalam sistem pendidikan.

Dalam wilayah zonasi SMA, Aries menjelaskan ketentuan ini terbagi menjadi dua,  yakni didasarkan pada zonasi radius atau jarak terdekat yang diperuntukkan bagi cadidik baru yang berasal dari wilayah dalam zonasi dan wilayah luar zonasi yang berbatasan, diukur dengan jarak terdekat dari sekolah tujuan. Pada jalur ini disediakan kuota 30 persen dari daya tampung sekolah atau dari total jalur zonasi 50%.  

Ketentuan berikutnya, zonasi berdasarkan sebaran. Artinya, diperuntukkan bagi cadidik baru yang berasal dari semua kelurahan/desa di wilayah dalam zonasi dengan dibagi rata sejumlah kelurahan/desa dari wilayah dalam zonasi tersebut. Jalur ini disediakan kuota 20% dari daya tampung sekolah atau 50% dari total kuota zonasi keseluruhan. 

"Untuk teknisnya (penerimaan) hampir sama seperti tahun sebelumnya.  Calon peserta didik baru dapat memilih paling banyak 3 (tiga)  SMA. Dengan ketentuan paling banyak 3 (tiga) sekolah di wilayah dalam zonasi, atau paling banyak 2 (dua) sekolah di wilayah dalam zonasi dan paling banyak 1 (satu) sekolah di wilayah luar zonasi yang berbatasan," jelasnya.  

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network