Harga Beras Naik, Ahli Gizi Sarankan Ini Sebagai Pengganti Makanan Pokok

Ali Masduki
Petani memilah padi saat panen di Nusa Tenggara Timur beberapa waktu lalu. Ahli Gizi Unair menyarankan beberapa bahan pangan lokal sebagai alternatif di tengah harga beras naik. Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki

Selanjutnya, Lailatul menekankan pentingnya memilih sumber lemak sehat (tak jenuh), seperti minyak zaitun, alpukat, atau kacang-kacangan. 

“Lemak sehat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. Lemak sehat juga dapat membantu menyerap vitamin yang larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, E, dan K,” paparnya.

Lailatul juga mengimbau untuk mengurangi penggunaan gula dan garam dalam memasak. Gula dan garam adalah bahan yang sering digunakan untuk menambah rasa manis dan asin pada makanan. 

Namun, konsumsi gula dan garam yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas, diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung. 

"Sebaiknya, gunakan bahan alami yang dapat memberikan rasa manis dan asin, seperti madu, gula merah, jeruk nipis, atau kecap asin,” katanya.

Terakhir, Lailatul mengajak masyarakat untuk memperhatikan porsi makan sesuai dengan kebutuhan gizi seimbang

Porsi makan yang tepat dapat membantu menjaga berat badan ideal dan mencegah kekurangan atau kelebihan gizi. 

Porsi makan dapat disesuaikan dengan panduan ‘isi piringku’, yaitu setengah piring berisi sayuran dan buah-buahan, seperempat piring berisi bahan pokok alternatif sumber karbohidrat, dan seperempat piring berisi lauk sebagai sumber protein. 

"Selain itu, jangan lupa untuk minum air putih yang cukup, sekitar delapan gelas per hari,” tandasnya

 

Editor : Ali Masduki

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network