PDI Perjuangan Menang Pileg Surabaya, Capres-Cawapres Kalah Telak, Perlu Ada Evaluasi Besar-Besaran!

Trisna Eka Adhitya
PDI Perjuangan menang di Surabaya, sayang calon presiden kalah telak. Foto iNewsSurabaya/tangkap layar

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - PDI Perjuangan meraih kemenangan dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) DPRD Kota Surabaya, kemenangan PDI Perjuangan terasa pahit di Kota Pahlawan. Sebab Calon Presiden dan Wakil Presiden (Capres-Cawapres) kalah telak, kekalahan ini perlu dilakukan evaluasi pimpinan-pimpinan. 

Secara umum, PDI Perjuangan berhasil mempertahankan kemenangan hattricknya dalam Pileg, namun angka tersebut tidak mencerminkan keberhasilan yang sama dalam Pemilihan Presiden sebelumnya.

Pada Pemilihan Presiden 2019, PDI Perjuangan meraih kemenangan gemilang dengan perolehan suara dua kali lipat dari lawannya. Namun, dalam Pileg DPRD Surabaya kali ini, meskipun masih memimpin, namun terjadi penurunan suara yang cukup signifikan.

Dalam Pileg 2019, PDI Perjuangan berhasil mengumpulkan suara yang cukup kuat, mengantarkan 15 kadernya ke DPRD Kota Surabaya. Namun, dalam Pileg 2024, meski masih mempertahankan sebagian besar kursi, namun terjadi penurunan suara yang cukup mencolok.

Meskipun berusaha mempertahankan dominasinya di kota tersebut, PDI Perjuangan harus menghadapi kenyataan penurunan suara yang cukup besar, terutama jika dibandingkan dengan hasil Pemilihan Presiden di Surabaya pada tahun yang sama. Penurunan ini mencerminkan tantangan yang dihadapi partai tersebut di tingkat lokal.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network