PDI Perjuangan Menang Pileg Surabaya, Capres-Cawapres Kalah Telak, Perlu Ada Evaluasi Besar-Besaran!

Trisna Eka Adhitya
PDI Perjuangan menang di Surabaya, sayang calon presiden kalah telak. Foto iNewsSurabaya/tangkap layar

Meskipun demikian, PDI Perjuangan tetap mendapatkan apresiasi atas upaya keras yang telah dilakukan oleh anggota partai, simpatisan, relawan, dan calon legislatif. Meskipun mengalami penurunan suara, keberhasilan ini tetap menjadi dorongan bagi partai untuk terus berjuang demi masyarakat Kota Surabaya.

Hasilnya mungkin tidak sesuai harapan, kemenangan PDI Perjuangan dalam Pileg Kota Surabaya tetap menegaskan keberadaan dan peran pentingnya dalam politik lokal. Ini merupakan cerminan dari dinamika politik yang terus berubah di tingkat kota, yang membutuhkan strategi dan adaptasi yang terus-menerus dari setiap partai politik.

“Terima kasih warga masyarakat Kota Surabaya yang telah memberi kepercayaan dan mandat kepada PDI Perjuangan pada Pemilu 14 Februari 2024. Terima kasih kepada seluruh kader banteng di akar rumput, yang telah berjuang keras untuk meraih suara di masyarakat Surabaya,” kata Adi Sutarwijono, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya.

Di Pileg 2024, Partai berlambang banteng itu meraih juara dengan 11 kursi di DPRD Kota Surabaya, serta bakal menempati posisi ketua DPRD selama 3 periode berturut-turut sejak Pemilu 2014, 2019, dan kini 2024.

Dalam Pemilu 2024 di Kota Surabaya, PDIP meraih 336.698 suara dari total 1.539.002 suara sah. Perolehan Pemilu 2024 itu setara dengan 21,87 persen.

Berbeda halnya dengan Pileg 2019 lalu. Pada saat itu, PDI Perjuangan mampu meraih 28,54 persen suara dari seluruh suara sah atau berkurang 6,67 persen. 

Pileg 2024 ini, PDI Perjuangan kalah di 9 Kecamatan, yakni; Kecamatan Karangpilang, Tandes, Lakarsantri, Wonocolo, Wiyung, Dukuh Pakis, Gayungan, Tenggilis Mejoyo dan Asemrowo. Sementara itu kemenangan PDI Perjuangan diraih di 22 kecamatan dari 31 kecamatan, yakni; Kecamatan Tambaksari, Semampir, Pabean Cantikan, Kenjeran, Rungkut, Wonokromo, Tegalsari, Sawahan, Genteng, Gubeng, Sukolilo, Simokerto, Bubutan, Krembangan, Benowo, Pakal, Jambangan, Gununganyar, Mulyorejo, Bulak, Sambikerep dan Kecamatan Sukomanunggal.

“Seluruh kekuatan PDI Perjuangan telah bekerja keras mulai anggota dan simpatisan, serta para relawan hingga calon-calon legislatif. Jajaran PDI Perjuangan mulai anak ranting di tingkat RW, ranting di level kelurahan, PAC di tingkat kecamatan, juga seluruh saksi yang telah mengawal sejak dI TPS, telah bekerja dan menunjukkan perjuangan hebat,” kata Adi Sutarwijono.

Editor : Arif Ardliyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network