Siswa Baru Tak Harus Kenakan Seragam Baru Saat MPLS, Ini Aturan Baru Dindik Jatim

Saipul Yudi
Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Aries Agung Paewai. Foto iNewsSurabaya/saipul

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur mengeluarkan imbauan penting bagi sekolah-sekolah terkait Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Dindik memutuskan untuk mengeluarkan surat edaran supaya tidak terjadi penyimpangan dalam pelaksanaan. 

Dalam Surat Edaran no 420/122/101.1/2024 tertanggal 26 Februari 2024, dinyatakan bahwa siswa baru tidak diwajibkan mengenakan seragam baru saat MPLS.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Aries Agung Paewai mengatakan bahwa sekolah tidak boleh memaksa siswa baru untuk segera memakai seragam baru. "Selama MPLS, biarkan siswa menggunakan seragam yang mereka miliki. Nantinya, mereka akan menyesuaikan dengan ketentuan seragam di sekolah masing-masing, baik itu SMA, SMK, maupun SLB," ujarnya.

Selain itu, Aries menegaskan bahwa pembelian seragam tidak harus dilakukan di koperasi sekolah. "Koperasi sekolah tetap diperbolehkan menjual seragam untuk membantu siswa dan orang tua yang kesulitan mendapatkan seragam dengan harga yang wajar dan sesuai pasaran," tambahnya.

Surat edaran tersebut juga mengatur harga seragam. Untuk seragam putih abu-abu dan pramuka, harga maksimal untuk kualitas terbaik (kw 1) adalah Rp195 ribu, sedangkan untuk kualitas menengah (kw 2) adalah Rp175 ribu. Harga untuk seragam identitas sekolah, seperti pakaian olahraga atau batik, diserahkan kepada kebijakan masing-masing sekolah dengan syarat harga di bawah pasar.

"Kami telah mencabut moratorium yang membatasi koperasi menjual seragam sekolah, asalkan harga seragam tidak melebihi harga pasar dan bersifat sukarela," tegas Aries. 

Ia mengingatkan bahwa wali murid bebas membeli kain seragam dari pihak mana pun sesuai dengan ketentuan Permendikbud no 50 tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network