Wujudkan Desa Berdaya, Barurejo Banyuwangi Deklarasikan Diri Sebagai Desa Damai

Ali Masduki
Deklarasi dan MOU Desa Barurejo Kec. Siliragung, Banyuwangi Sebagai Desa Damai. Foto: iNewsSurabaya.id

BANYUWANGI, iNewsSurabaya.id -  Desa Barurejo, Kecamatan Siliragung, Kabupaten Banyuwangi secara resmi mendeklarasikan diri sebagai Desa Damai pada kamis (22/5/2024). Deklarasi ini sebagai bagian dari upaya memperkuat komitmen untuk mewujudkan kehidupan damai di masyarakat, serta mendukung kohesi sosial.

Deklarasi ini merupakan langkah awal dari dimulainya program pemberdayaan masyarakat yang akan dilakukan oleh Wahid Foundation, dengan dukungan Japan Tobacco International (JTI) Indonesia.

Agenda deklarasi diawali dengan pembacaan ikrar Desa Damai oleh perwakilan perempuan Desa Barurejo, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Direktur Wahid Foundation, JTI Indonesia, Kepala Desa Barurejo, dan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. 

Selain itu, juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara Wahid Foundation dengan Universitas KH. Mukhtar Syafa’at (UIMSYA). Kerjasama ini meliputi program pendampingan lanjutan dari UIMSYA untuk Desa Damai Barurejo setelah program dari Wahid Foundation bersama JTI sudah selesai.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani yang diwakili oleh Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Keluarga Berencana, Henik Setyorini menyampaikan penghargaan dan dukungan penuh atas pencanangan Desa Damai di Barurejo. 

Menurut Henik, ini merupakan langkah penting bagi Kabupaten Banyuwangi untuk menciptakan sebuah lingkungan inklusif sekaligus mewujudkan masyarakat yang berdaya, di mana perempuan menjadi aktor utamanya.

Senada, Direktur Wahid Foundation, Yenny Wahid menyampaikan program Desa Damai di Barurejo merupakan kolaborasi antara Wahid Foundation dengan JTI yang memiliki kesamaan perhatian untuk melestarikan nilai – nilai multikulturalisme melalui penguatan komunitas.

“Desa Damai Barurejo merupakan desa ke-24 yang telah menyatakan deklarasi sebagai Desa Damai Wahid Foundation. Deklarasi merupakan simbol komitmen bersama–sama untuk membuat perubahan menjadi masyarakat yang saling menghargai, saling mendukung dan menghormati hak–hak masing–masing secara setara,” tutur Yenny Wahid.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network