Mahasiswa PCU Surabaya Ajak Kawula Muda Berani Berkreasi

Ali Masduki
Pengunjung yang asyik menikmati pameran karya seni di Bharatika PCU 2024. Foto/Humas PCU

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Era digital, dengan platform media sosialnya, memiliki kecenderungan untuk hanya menampilkan kesuksesan, tanpa proses di baliknya. Segala sesuatu juga serba cepat dan mudah di era digital. 

Akibatnya, banyak orang terhasut untuk melakukan apa pun secara instan, tak terkecuali bagi insan muda kreatif dalam menghasilkan karya. Era digital membuat mereka enggan berproses dan ingin serba instan.

Oleh karena itu, FHIK (Faculty of Humanities and Creative Industries) PCU atau Petra Christian University menghadirkan Bharatika Creative Design Festival pada 23 - 25 Mei 2024. 

“Tahun ini kami mengambil tema Kreaktor, yang berasal dari kata kreatif, kreasi, dan reaktor. Artinya, Bharatika hadir untuk menjadi reaktor yang memicu para insan muda agar berani berproses dalam berkreasi,” ujar Veronica Singajaya selaku ketua acara.

Pada hari terakhir (25/05), Bharatika menghadirkan Food Styling Workshop. “Ini menjadi wadah bagi insan kreatif dalam berkreasi membuat suatu karya desain dan seni. Mereka juga bisa belajar teknik menata makanan agar lebih indah dan menarik untuk difoto,” imbuh Veronica.

Dua mentor hadir secara langsung di Look Gallery lantai 8, Kampus PCU. Mereka adalah Lucianne Putri, seorang Professional Food Stylist, dan Allan Richardo yang dikenal sebagai Product Photographer. Tanpa dipungut biaya dan terbuka untuk umum, tercatat ada sekitar 19 peserta yang mengikuti workshop.

Setelah sesi materi, para peserta diajak praktik styling makanan secara langsung. Ada lima jenis makanan, yaitu Popcorn Chicken, Kimbap OG Beef Chicken, Milk Bun, Ayam Panggang Gentong, dan Soto. 

Para insan kreatif ini dibagi menjadi beberapa kelompok, dan masing-masing mendapat satu jenis makanan. Usai semua kelompok menyelesaikan food styling terbaiknya, mereka dibimbing untuk mengeksekusinya menjadi foto produk yang ciamik.

Tak kalah menarik, hadir pula banyak perlombaan yang menjadi ciri khas Bharatika. Ada empat kategori yang biasa disebut dengan Punggawa. 

Kategori itu ialah Tirta yang berkaitan dengan bidang Desain Komunikasi Visual, Agni yang berkaitan dengan bidang Desain Interior, Bayu yang berkaitan dengan bidang Desain Produk, dan Buana untuk para peserta di jenjang SMA.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network