Siswa ADEM Pulang ke Papua, Siap Tularkan Ilmu dan Teruskan Pendidikan di Daerahnya

Saipul Yudi
Siswa ADEM Pulang ke Papua. Foto iNewsSurabaya/saipul

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Setelah tiga tahun menempuh pendidikan di jenjang SMA dan SMK di Jawa Timur, siswa program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) akhirnya kembali ke daerah asal mereka di Papua. Sebanyak 115 siswa diharapkan bisa berbagi ilmu yang mereka peroleh di Jawa Timur dengan komunitas di Papua. 

Selain itu, mereka juga didorong untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi demi masa depan yang lebih cerah.

Dalam acara pemulangan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Aries Agung Paewai, memberikan pembekalan kepada para siswa. Aries menekankan pentingnya melanjutkan cita-cita dan pendidikan. 

Program ini, katanya, merupakan upaya pemerintah untuk mencerdaskan anak bangsa dan memberikan kesempatan belajar yang merata, terutama bagi siswa dari Papua.

"Program ini bertujuan memberikan kesetaraan ilmu dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Kami berharap siswa dari Papua dapat memiliki ilmu yang setara dengan siswa di Pulau Jawa maupun provinsi lainnya," ujar Aries dalam sambutannya pada Senin (10/6).

Aries, yang juga menjabat sebagai Pj Wali Kota Batu, menyampaikan harapan agar para siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi melalui program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADiK). 

Ia mendorong siswa untuk memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan mereka, sehingga memiliki peluang besar untuk diterima di program ADiK.

"Program ADiK bekerja sama dengan 69 universitas, 5 institut, 29 politeknik, dan 1 sekolah tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuan kalian," tambah Aries.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network