Jawa Timur Catatkan Lonjakan Signifikan Jumlah Hewan Kurban Tahun Ini, Segini Jumlahnya

Lukman Hakim
Jawa Timur Catatkan Lonjakan Signifikan Jumlah Hewan Kurban Tahun Ini. Foto iNewsSurabaya/lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Jumlah hewan kurban di Jawa Timur (Jatim) tahun ini mencatatkan peningkatan yang signifikan, mencapai 434.843 ekor. Angka ini terdiri dari sapi, kambing, dan domba, serta menunjukkan kenaikan sebesar 24 persen dari tahun sebelumnya yang berjumlah 349.771 ekor.

"Alhamdulillah, tahun ini jumlah hewan kurban yang dipersembahkan masyarakat bertambah. Ini menunjukkan bahwa kondisi ekonomi di Jatim cukup baik dan diiringi dengan meningkatnya ketakwaan umat Islam yang menunaikan ibadah haji dan kurban," ujar Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, Senin (17/6/2024) pagi.

Di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, tahun ini menerima 25 ekor sapi dan 47 ekor kambing sebagai hewan kurban. Sementara itu, Masjid Raya Islamic Center mendapatkan 64 ekor sapi. Semua hewan kurban yang diserahkan oleh Pemprov Jatim telah mendapatkan sertifikat vaksinasi dan dipastikan bebas dari penyakit hewan menular strategis.

"Seluruh hewan kurban yang dipilih oleh masyarakat sudah lolos sertifikasi dan vaksinasi, serta dipastikan dalam keadaan sehat," tambah Adhy Karyono.

Adhy juga berharap bahwa distribusi daging kurban kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga semua yang berhak akan menerima daging kurban. Dia mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan berbagai fasilitas penyembelihan, baik di masjid-masjid yang melakukan penyembelihan mandiri maupun di Rumah Potong Hewan (RPH) yang telah disiagakan.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network