Ribuan Siswa di Jombang Antusias Ikuti Peragaan Manasik Haji di Stadion Merdeka, Begini Serunya

Zainul Arifin
Ribuan Siswa di Jombang Antusias Ikuti Peragaan Manasik Haji di Stadion Merdeka. Foto iNewsSurabaya/zainul

JOMBANG, iNewsSurabaya.id - Ribuan siswa dari Jaringan Sekolah Islam Terpadu dan Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Jombang berpartisipasi dalam peragaan Manasik Haji di Stadion Merdeka, Sabtu (22/6/2024). Kegiatan ini mengusung tema "Dengan Manasik Memantaskan Diri untuk Berhaji", bertujuan menumbuhkan kebersamaan, kerukunan, dan solidaritas di antara peserta—nilai-nilai luhur Islam yang harus dijunjung tinggi.

Pj Bupati Jombang, Sugiat, menyatakan bahwa manasik haji bukan hanya sarana pembelajaran, tetapi juga cara efektif menanamkan semangat dan kecintaan anak-anak terhadap rukun Islam kelima, yaitu ibadah haji. 

"Anak-anak kita tidak hanya mendapatkan pengetahuan teoritis, tetapi juga pengalaman praktis yang Insyaallah akan tertanam kuat dalam benak mereka," ujarnya.

Dalam manasik haji ini, siswa diajarkan tata cara dan tahapan-tahapan pelaksanaan ibadah haji, mulai dari ihram, tawaf, sa'i, wukuf di Arafah, hingga melempar jumrah. 

Sugiat juga mengajak para orang tua untuk berperan aktif dalam mendampingi dan membimbing anak-anak dalam memahami nilai-nilai agama yang diajarkan.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network