Kisah Umar Syahroni, Tunadaksa Dulu Dihina Kini Peraih Beasiswa S3 LPDP Australia

Donald Karouw
Umar Syahroni, tunadaksa peraih beasiswa LPDP Australia. Foto: Ist

Fokus Umar pada inklusivitas penyandang disabilitas membuatnya berhasil menyisihkan 6.553 peserta dan lolos seleksi dalam program United People Global (UPG) Sustainability Leadership 2022. 

Dia berhasil menjadi perwakilan Indonesia bersama 500 peserta lainnya dari 120 negara. Program ini diinisiasi oleh United People Global, sebuah organisasi non-profit berbasis di Jenewa, Swiss, yang berfokus pada isu Sustainable Development Goals (SDGs). 

Setelah menjalani serangkaian kegiatan dan kelas daring selama empat bulan, Umar berhasil lulus sebagai Certified Sustainability Leader.

Lebih dari 50 webinar telah mempercayai Umar sebagai pembicara, dengan topik yang sesuai dengan kompetensinya, yaitu public speaking, komunikasi organisasi, dan isu disabilitas.

Kecintaan Umar terhadap isu difabel membawanya bergabung dengan Rumah Disabilitas Pusat, sebuah organisasi yang fokus pada advokasi inklusi difabel. Di organisasi ini, Umar menjabat sebagai Ketua Departemen Pendidikan, mengedukasi masyarakat melalui konten digital dan berbagai webinar pendidikan untuk kaum disabilitas.

Sebagai penerima Beasiswa Afirmasi Disabilitas LPDP, Umar berharap para penyandang disabilitas terinspirasi untuk melanjutkan studi S2 maupun S3 dengan Beasiswa LPDP dan turut mengambil peran dalam mewujudkan Indonesia inklusif.

Dia dan tim Departemen Pendidikan Rumah Disabilitas Pusat berupaya mengenalkan skema beasiswa ini kepada penyandang disabilitas agar semakin banyak yang melanjutkan studi. Hingga saat ini, lebih dari sepuluh penyandang disabilitas yang ikut program mereka berhasil menjadi penerima Beasiswa Afirmasi Disabilitas LPDP.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network