Prajurit Marinir TNI AL Siap Berlatih dan Bertempur dengan Korps Marinir Amerika Serikat

Ali Masduki
Mulai tanggal 08 - 21 Juli 2024, pasukan elit dua negara ini bakal saling berbagi taktik dan strategi perang di Pusat Latihan Pertempuran Korps Marinir 5 Baluran, Karangtekok, Situbondo, Jawa Timur. Foto/Dispen Kormar

SITUBONDO, iNewsSurabaya.id - Prajurit Marinir TNI Angkatan Laut siap berlatih dan bertempur bareng Korps Marinir Amerika Serikat atau USMC, dalam Latihan Bersama (Latma) Platoon Exchange (Platex) 2024.

Mulai tanggal 08 - 21 Juli 2024, pasukan elit dua negara ini bakal saling berbagi taktik dan strategi perang di Pusat Latihan Pertempuran Korps Marinir 5 Baluran, Karangtekok, Situbondo, Jawa Timur.

Komandan Batalyon Infanteri 1 Marinir sekaligua Komandan Satgas Latma Platex 2024, Letkol Marinir Roni Saputra menjelaskanbahwa Latma Platex 2024 merupakan salah satu wujud dari Diplomasi Angkatan Laut dalam melaksanakan latihan Bersama dengan negara sahabat.

"Kegiatan ini juga untuk menjaga serta mempertahankan hubungan kemitraan strategis antar negara-negara sahabat," terangnya usai membuka Latma Platex 2024 antara TNI AL, KORMAR dengan USMC/I MEF pada Senin (08/7).

Selain itu, lanjut Roni Saputra, Korps Marinir sebagai salah satu Kotama TNI Angkatan Laut dalam mengemban tugasnya dituntut memiliki kesiapan operasional dan kemampuan untuk menghadapi berbagai bentuk ancaman, gangguan dan hambatan yang mengancam kedaulatan negara, keutuhan wilayah serta keselamatan warga Negara Bangsa Indonesia. 

"Tuntutan kemampuan Korps Marinir TNI Angkatan Laut salah satunya adalah mampu mewujudkan Peperangan Operasi Amfibi dengan proyeksi kemampuannya dari laut ke darat dan operasi darat lanjutan," lanjutnya.

Untuk itu Letkol Marinir Roni Saputra menekankan kepada prajurit Korps Marinir yang tergabung dalam Latma Platex 2024 agar melaksanakan kedisiplinan dan kekompakan serta profesionalisme sebagai prajurit Korps Marinir yang dikenal oleh negara lain.

Selama latihan Prajurit diharapkan mampu menyerap dan memahami materi yang diberikan oleh USMC. Begitu juga dengan apa yang harus dilakukan oleh prajurit Korps Marinir harus sesuai dengan tugas pokok masing-masing.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network