Kadin Ajak Pelaku Usaha Geliatkan Perekonomian Wisata Kota Lama Surabaya

Ali Masduki
Ketua Kadin Surabaya Ali Affandi (kedua dari kiri) berbincang dengan sejumlah perwakilan asosiasi disela Market Sounding di Pos Bloc Surabaya, Rabu (24/7/2024). Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surabaya mengajak para pelaku usaha menggeliatkan perekonomian di kawasan kota lama Surabaya.

Ketua Kadin Surabaya Ali Affandi menuturkan, keberhasilan Pemkot Surabaya dalam mengaktivasi kawasan kota lama Surabaya menjadi kawasan wisata patut diapresiasi. Namun untuk mengggeliatkan perekonomian di kawasan tersebut tentu membutuhkan kerjasama antar sektor. 

"Kami mengapresiasi pemerintah kota Surabaya sudah berhasil menghidupkan kota lama, tinggal potensi ekonomi kita aktivasi melalui Kadin," tuturnya disela Market Sounding di Pos Bloc Surabaya, Rabu (24/7).

Acara ini mempertemukan 250 orang yang terdiri dari para investor, pemilik usaha, hingga pihak pemerintah demi menciptakan pertumbuhan ekonomi yang positif.

Menurut Ali Affandi, kawasan kota lama Surabaya tidak hanya indah dari sisi arsitektur gedung bersejarahnya, namun juga memiliki potensi ekonomi yang bisa digarap. Mengingat, kawasan ini dulunya pernah menjadi pusat perekonomian di kota pahlawan. 

Dari sektor ekonomi, kata Affandi, ada Pelabuhan Tanjung Perak yang menjadi pintu gerbang utama perdagangan di kawasan Jawa Timur. Selain itu diperkuat dengan perbankan dan perdagangan yang berada di kawasan kota lama.

Sedangkan dari sektor wisata, di kota lama Surabaya ada 3 kawasan yang unik, yakni kawasan Pecinan, Arab dan Eropa. Tiga kawasan ini jika diintegrasikan maka bakal menjadi destinasi wisata yang menarik. 

"Tentunya ini akan menjadi multiplier effec, termasuk dalam perhotelan, UMKM dan lainnya," tegasnya.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network