Pengusaha Jatim Kompak Tingkatkan Kepedulian pada Anak, Ini Alasannya

Trisna Eka Adhitya
Pengusaha Jatim Kompak Tingkatkan Kepedulian pada Anak. Foto iNewsSurabaya/trisna

Kepala Perwakilan UNICEF Pulau Jawa dan Bali Arie Rukmantara mengungkapkan, untuk mempersiapkan Surabaya dan Jatim sebagai kota layak anak dengan standar internasional, kolaborasi berbagai pihak diperlukan. 

"Bukan hanya pemerintah saja, dinas-dinas saja yang bekerja, ada swasta, ada organisasi kemasyarakatan, ada media, dan ada Unicef, jadi ini harus dibuktikan," katanya. 

Melalui forum ini, menjadi salah satu jembatan khususnya bagi Kota Surabaya untuk meningkatkan status Kota Layak Anak (KLA) utama menjadi paripurna atau nantinya berstandar internasional. Pasalnya, Kota Surabaya membutuhkan adanya APSAI (Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia) sebagai salah satu syarat menjadi KLA kelas dunia yang bisa didapatkan melalui Forum CEO Jatim. 

"APSAI itu penting, karena nanti asesmen KLA, rapat-rapat perumusan perda itu nanti harus diajak," tutupnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Surabaya (DP3APPKB) Kota Surabaya Ida Widayati mengungkapkan, Pemerintah Kota Surabaya terus berusaha untuk menjadikan Kota Surabaya sebagai KLA paripurna atau berkelas dunia. 

Ia pun mengapresiasi adanya kegiatan ini sebagai bagian yang tak terpisahkan dari upaya Pemerintah Kota Surabaya yang sedang menjadikan Surabaya sebagai Kota Layak Anak kelas dunia. Dimana ada dua jalur yang bisa ditempuh. 

Jalur pertama adalah menuju KLA paripurna yang merupakan status tertinggi KLA di Indonesia. Sedangkan jalur kedua melalui program Child Friendly Cities Initiative (CFCI) atau komunitas kota layak anak dunia.

"CFCI ini kita berjuang mulai tahun kemarin, dan memang golnya ini September tanggal 23-25 itu pak Wali akan presentasi di tingkat Asia Pasifik menyampaikan apa yang sudah dilakukan Pemerintah Kota Surabaya dalam upaya sebagai Kota Layak Anak," tutupnya. 

Untuk diketahui, dalam kegiatan yang diadakan Forum CEO bersama Unicef ini dihadiri puluhan perwakilan CEO. Diantaranya CEO Wings Grup, Samator, Kebab Turki Babarafi, dan lainnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network