Museum Surabaya Tampil Baru, Ada Sentuhan Teknologi Imersif by LZY Visual

Ali Masduki
Sentuhan teknologi imersif by LZY Visual menjadilan Museum Surabaya lebih edukatif dan interaktif bagi para pengunjung. Foto/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Museum Surabaya di Komplek Mal Pelayanan Publik (MPP) Siola kini tampil dengan wajah baru yang fresh dan lebih terstruktur. Sentuhan teknologi imersif by LZY Visual menjadilan museum lebih edukatif dan interaktif bagi para pengunjung.

Revitalisasi Museum Surabaya tersebut dibuka secara resmi oleh Walikota Surabaya Eri Cahyadi pada Selasa (6/08/24). Eri Cahyadi mengatakan, dengan di resmikannya Museum Surabaya ini diharapkan mampu mengoptimalkan edukasi kepada siswa-siswi di Surabaya untuk mengenal sejarah Kota Pahlawan.

"Setelah ada Museum Surabaya ini, saya harap sekolah bisa memanfaatkan tempat ini untuk kunjungan akademis para anak-anak siswa Surabaya, ojok rekreasi luar kota terus rek (jangan rekreasi luar kota terus), pokoknya nanti ketika saya berkunjung ke sekolah-sekolah anak-anak sudah harus tau siapa saja pahlawan yang berasal dari Surabaya," tuturnya.

Eri Cahyadi juga mengapresiasi konsep yang diusung LZY Visual yang mampu menghidupkan kembali cerita sejarah di Museum Surabaya dengan cara yang lebih seru dan menarik menggunakan teknologi imersif video mapping.

“Dalam museum ini ada banyak informasi seputar Kota Surabaya. Dari masa ke masa. Mulai dari sejarah berdirinya Surabaya, masa kolonial hingga masa kemerdekaan,” ungkap Eri Cahyadi.

Teknologi imersif berupa video mapping LZY Visual ini menampilkan nuansa jadul sejarah Angguna hingga Bus Suroboyo. Dengan teknologi itu, pengunjung bisa mempelajari sejarah Surabaya dengan cara baru.

Project Director LZY Moch. Edo Barrudy mengaku bangga bisa menjadi bagian penting dalam Opening Ceremony wajah baru Museum Surabaya. Melalui instalasi video mapping bisa membuat pengunjung mengenal lebih dalam tentang transpotasi Angguna dan memahami peran pentingnya dalam sejarah Surabaya.

“Dengan menghadirkan teknologi imersif untuk menceritakan kisah lama, LZY tidak hanya ingin menghidupkan kembali kenangan masa lalu. Tetapi, juga menginspirasi pengunjung untuk menghargai sejarah dan budaya lokal,” ucapnya.

Menurut Edo, wajah baru Museum Surabaya yang diinisiasi oleh Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Surabaya ini sebagai bagian dari upaya untuk melestarikan dan mempromosikan warisan budaya kota Surabaya.

“Untuk itu, LZY Visual berkolaborasi dengan Disbudporapar Surabaya untuk menciptakan pengalaman imersif melalui pemanfaatan teknologi Video Mapping. Khususnya untuk menggarap dua bagian penting dari area museum, yaitu Area Angguna dan Area Timeline Moda Transportasi,” terangnya.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network